Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 15
  1. #1
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,296
    Rep Power
    10

    Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    malaaam.... pasti beberapa rekan2 sahabat daihatsu ada yg udah pasang rakom dikendaraannya....
    baik fungsinya utkj hobby pribadi atau utk keperluan koordinasi konvoi.. atau juga krn kena kompor meleduk.. hehe..

    beberapa sahabat daihatsu disini yg saya kenal dr beberapa klub sudah tergabung atau sering mengudara di frekwensi yg bisa dibilang lintas komunitas. dimana di dalamnya terdapat rakomer dr beberapa klub di jabodetabek.. yaitu frekwensi 144.940 (biasa disebut 494)...

    mau pasang baru??
    mau curhat ttg rakom yg dipakai saat ini??
    butuh rekomendasi rakom yg ajib??
    butuh info tempat beli rakom??
    butuh info tempat pasang rakom??
    butuh info bagaimana mendapatkan ijin mengudara atau memiliki callsign??
    yuk bahas disini..

    sebagai rakomers yg tertib. ada baiknya kita memiliki surat ijin mengudara dari ORARI atau RAPI..
    masa jadi "member klub otomotif" tp ga tertib.. si teng dwoong...

    monggo di share...

  2. #2
    Sobat Senior tirta jaya's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    158
    Rep Power
    3

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    sayang yah kang..kalo saya mau nya pinjam melolo...kalo pas lagi konvoi...hahahahaaa..

  3. #3
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,296
    Rep Power
    10

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    hehe gapapa om,, kl memang sering konvoi atau butuh utk memantau beberapa frek yg bisa dijadikan acuan utk lalin. bisa pake HT aja...

  4. #4
    Sobat Muda yuddin's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    84
    Rep Power
    3

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    gue pake icom ic 2200... awalnya di TO dari taun 2006 kena racun rakom,,, sampe sekarang masih betah...

  5. #5
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,296
    Rep Power
    10

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    asik ya pake icom, warna layarnya bisa ganti2... gw masih setia pake alinco dr 135..

  6. #6
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    177
    Rep Power
    3

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    Punya gw produk jadul HT icom 2N sibadak bercula hahahahahahaha.... om pham gimana caranya dapat izin orari yakk.pengen neh biar gak malu maluin kata om pham hahahahahha

  7. #7
    Sobat Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Malang, Jatim
    Posts
    28
    Rep Power
    3

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    Kalo untuk di mubil yang nota bene antenanya segitu-gitunya...
    Untuk kepekaan penerimaannya ... bagusan mana HT ama Rig Um?

  8. #8
    Sobat Senior
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    407
    Rep Power
    5

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    ksh penampakanya donk agan2!

  9. #9
    Sobat Muda
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    158
    Rep Power
    3

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    Ane bantu kasih informasi frekuensi dan sandi aja ya gan...

    Frekuensi Ht Satlantas
    Sekedar untuk dimonitor aja.. kalo transmit biasanya dgn frek. input dan pake tone code:

    JAKARTA BARAT 163.800 mhz
    JAKARTA PUSAT 163.700 mhz
    JAKARTA SELATAN 163.900 mhz
    JAKARTA TIMUR 163.850 mhz
    JAKARTA UTARA 163.750 mhz
    TANGERANG 173.375 mhz
    PUNCAK 165.22,50 mhz
    TANJUNG DUREN 162.46,00 mhz
    TAMAN SARI 161.24,00 mhz
    CENGKARENG 163.44,00 mhz


    Frekuensi HT (handy talky)

    Akhir-akhir ini hampir semua HT tidak perlu diprogram. Kecuali merek motorola type tertentu. Jika ingin HT yang otomatis bisa mencari frekuensi, coba merk VX3R atau VX7R. Ada chanel counter yang berfungsi untuk mengetahui frekuensi transmit orang yg didekat kita. Ada juga fasilitas smart search. Jika diaktifkan HT ini akan mencari frekuensi otomatis bolak balik sampai 35 memori terisi.

    Frekuensi yang sering digunakan di Indonesia antara lain :

    HF (1-30 MHz) : Amatir radio dan komersial radio. Mode AM / SSB
    40-50 Mhz : Ada beberapa HT bisa TX disini
    88 – 108 : komersil radio (FM). Mode WFM.
    118 – 135 : Pesawat terbang. Mode AM.
    136 – 139 : Telepon WLL (bisa disadap), bisnis band (bis antar kota, dll)
    140 – 149 : amatir band
    150 – 170 : Amatir band / polisi / bisnis band
    200 – 230 : TV VHF
    300 – 400 : Taxi di jakarta
    400 – 420 : Trunking jasa keamanan swasta di jakarta, Pol Intel di beberapa tempat
    430 – 439 : amatir band (orari)
    440 – 470 : Polisi, TNI, Instansi pemerintah
    500 – 750 : TV UHF. Mode WFM
    800 – 820 : Trunking Polisi, trunking bisnis band, dll
    850 – 860 : Polisi, bisnis band (ada yg trunking, ada yg konvensional)
    900 – 910 : Telepon wireless (bisa disadap)
    910 – 920 : Trunking
    950 – 960 : Trunking / konvensional TNI

    yang bisa mencakup itu semua diatas adalah jenis HT wide band. kecuali mode SSB ada yang tidak bisa terdengar clear.

    .................................................. ...........................
    Kode Udara Polisi

    Mungkin masih ada yg penasaran arti kode udara dalam perbincangan radio polisi atau radio amatir.
    misalnya anda mendengar: ” 8-1-5 cerah berawan, lanjutkan perjalanan ke pangkalan, 8-6. ”
    apa itu?
    berikut data sandi angka untuk perbincangan radio di indonesia.
    (data ini mungkin belum lengkap, jadi apabila ada yang tau lebih banyak, silahkan di tambahkan)

    SANDI ANGKA 1
    Code:

    10-1 Sulit didengar // Penerimaan buruk
    10-2 Didengar jelas // Penerimaan baik
    10-3 Berhenti mengudara / memancar
    10-4 Benar // Dimengerti
    10-5 Ada pesan untuk disampaikan
    10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting
    10-7 Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara
    10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara
    10-9 Mohon diulangi
    10-10 Penyampaian berita selesai
    10-11 Berbicara terlalu cepat
    10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu
    10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan
    10-14 Informasi
    10-15 Informasi sudah disampaikan
    10-16 Mohon dijemput / diambil di …
    10-17 Ada urusan penting
    10-18 Sesuatu untuk kita
    10-19 Bukan untuk Anda, harap kembali
    10-20 Lokasi // Posisi
    10-21 Kontak / hubungan melalui telepon
    10-22 Melapor langsung ke …
    10-23 Menunggu // Stand by
    10-24 Selesai melaksanakan tugas
    10-25 Dapatkah menghubungi / kontak dengan …
    10-26 Pesanan terakhir kurang diperhatikan
    10-27 Pindah ke jalur / channel …
    10-28 Nama panggilan // Callsign
    10-29 Waktu hubungan / kontak habis
    10-30 Tidak menaati peraturan
    10-31 Antena yang digunakan
    10-32 Laporan sinyal dan modulasi // Radio check
    10-33 KEADAAN DARURAT // EMERGENCY
    10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini
    10-35 INFORMASI RAHASIA
    10-36 Jam berapa waktu yang tepat ?
    10-37 PERLU MOBIL DEREK DI …
    10-38 PERLU AMBULANS DI …
    10-39 Pesan sudah disampaikan
    10-40 PERLU DOKTER
    10-41 Mohon pindah ke jalur / channel …
    10-42 ADA KECELAKAAN DI …
    10-43 Kemacetan lalu lintas di …
    10-44 Ada pesan untuk Anda
    10-45 Dalam jangkauan mohon melapor
    10-46 Memerlukan montir
    10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
    10-60 Apakah ada pesan selanjutnya ?
    10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
    10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di …
    10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
    10-65 Menunggu berita lanjutan
    10-67 Semua unit setuju
    10-69 Pesanan telah diterima
    10-70 KEBAKARAN DI …
    10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
    10-73 Kurangi kecepatan di …
    10-74 Tidak // Negatif
    10-75 Penyebab gangguan
    10-76 Dalam perjalanan ke …
    10-77 Belum / tidak menghubungi
    10-81 Pesankan kamar di hotel …
    10-82 Pesankan kamar untuk …
    10-84 Nomor telepon
    10-85 Alamat
    10-89 Butuh montir radio
    10-90 Gangguan pesawat televisi (TVI)
    10-91 Bicara dekat mikropon
    10-92 Pemancar perlu penyesuaian
    10-93 Apakah frekuensi sudah tepat ?
    10-94 Berbicara agak panjang
    10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
    10-97 Tes pada pemancar
    10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
    10-100 Akan ke kamar mandi
    10-200 BUTUH BANTUAN POLISI DI …
    10-300 BUTUH PEMADAM KEBAKARAN DI …
    10-400 BUTUH PETUGAS KETERTIBAN UMUM DI …
    10-500 BUTUH BANTUAN PROVOST DI …
    10-600 BUTUH BANTUAN GARNIZUN DI …
    10-700 BUTUH BANTUAN S.A.R. DI …
    10-800 BUTUH BANTUAN PERUSAHAAN LISTRIK DI …

    SANDI ANGKA 2
    Code:

    1-1 hubungi lewat telepon
    1-2 menghadap pusat/posko
    1-4 hubungi lewat HT
    8-4 testing radio
    8-1 komunikasi kurang jelas
    8-2 komunikasi jelas/baik
    3-3 kualitas suara jelek
    4-4 kualitas suara baik
    5-5 kualitas suara baik sekali
    6-1 terjadi perampokan
    6-2 terjadi pencurian
    6-3 trjadi penganiayaan
    6-5 terjadi kebakaran
    6-7 terjadi demonstrasi
    8-6 mengerti
    8-7 berita disampaikan kepada…
    8-1-0 Tidak mengudara/mati
    8-1-1 mengudara/ standby
    8-1-2 diulangi/kurang jelas
    8-1-3 selamat bertugas
    8-1-5 keadaan cuaca
    8-1-6 waktu/jam
    10-2 posisi dimana
    10-8 tujuan/meluncur/menuju

    SANDI HURUF

    Taruna : Berita
    Gelombang : Jam/waktu
    Semut : Pelajar
    Lalat : Mahasiswa
    Pangkalan : Rumah/kediaman
    Cangkulan : Kantor/tempat kerja
    Gajah : Derek
    Komando : Kantor polisi
    Tikar : Surat
    Buntut tikus : Antena pendek (HT)
    Belalai gajah : Antena atas
    Laka : Kecelakaan
    Jaya 65 : Kebakaran
    Timor Kupang Pati : Tempat Kejadian Perkara
    Timor Lombok Pati : Telepon
    Timor Kupang Ambon : TerKendali
    Aman
    Halong Timur : Handy Talky (HT)
    Halong Pati : Hand Phone (HP)
    Kupang Rembang : KendaRaan
    Kupang Ambon : Kereta Api
    Wilis Kendal : Walikota
    Kendal Cepu : KeCamatan
    Kendal Lombok : KeLurahan
    Rembang Wilis : RW
    Rembang Timur : RT
    Rembang Rembang : Serse
    Rembang Solo : Rumah Sakit
    Rembang Pati : Rupiah
    Anak Kijang : Pencuri/Tersangka
    Ambon Pati : Anggota Polri
    Ambon Demak : Angkatan Darat
    Ambon Lombok : Angkatan Laut
    Ambon Ungaran : Angkatan Udara
    Pati Medan : Polisi Militer
    Timor Medan : Tamu/Teman
    Kresna : Presiden
    Bima : Wakil Presiden
    Timor Bandung I : Kapolri
    Metro I : Kapolda
    Timor I : Kapolres
    Lombok-Lombok : Lalu Lintas
    Timor Lombok : Lampu Lalu Lintas/Traffic Light
    Opak Pati Solo : Derek
    Lombok Pati : Kantor Polisi
    Lombok Irian : Surat
    Lombok Demak : Antena Pendek (HT)
    Bandung-Bandung : Barang Bukti (BB)
    Bandung2 Padat : Makan
    Bandung2 Medan : Bahan Bakar Minyak
    Lampiran/Ambon : Istri
    Monik : Anak
    Solo Bandung : Stand By
    Solo Garut : SiaGa
    Medan Demak : Meninggal Dunia
    Pati Ambon Medan : Pengamanan
    Aambon Pati-Pati : Apel
    Palang Hitam : Mobil Jenazah
    Demak Pati Kendal : Dinas Pemadam Kebakaran

    mudah-mudahan bermanfaat....

  10. #10
    Sobat Senior tirta jaya's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    158
    Rep Power
    3

    Re: Serba Serbi Radio Komunikasi. Rig dan HT.. share disini yuuuk

    Solo Bandung ah....

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •