Mau share saja bahwa mengendarai mobil tidak cukup pegang kemudi dan injak gas atau rem.
Tips ini selalu saya terapkan karena untuk bepergian bersama keluarga lebih banyak tanpa sopir pun jika jarak jauh.
Dengan menerapkan tips ini maka kita dapat meminimalisir resiko kecelakaan dan satu hal yang harus diingat bahwa keselamatan di jalan tidak akan mutlak karena kita sudah menerapkan safety driving, ada juga faktor penentu yang yaitu takdir dari yang maha kuasa. Maka dari itu, pengendara awajib berdoa memohon keselamatan sebelum dan selama melakukan aktifitas di perjalanan.

Ini saya rangkum saja tips nya dengan bahasa sederhana dan terbuka untuk ditambahi atau disempurnakan :

1. Persiapkan kondisi mobil dalam keadaan prima yaitu ban, oli mesin, rem, spion, bbm cukup.
2. Biasakan berdoa dulu sebelum melakukan aktifitas apa pun termasuk mengendarai mobil.
3. Kondisi badan harus fit alias cukup istirahat dan yang pasti tidak dalam keadaan ngantuk.
4. Sediakan air minum putih yang cukup di dekat kemudi atau jika bepergian dengan pasangan atau pacar maka sang pasangan /pacar bisa membantu saat perlu minum.
5. Hindari kelelahan akibat mengemudi jarak jauh yaitu stop untuk istirahat setelah mengendarai mobil selama 3 - 4 (tiga - empat) jam berturut-turut. Istirahat ini sangat wajib dan sebaiknya disertai juga dengan olah raga ringan yaitu strechting atau gerakan melemaskan otot-otot tubuh selama beberapa menit sebelum melanjutkan perjalanan.
6. Jangan lupa minum secukupnya dan bisa dilakukan sambil berhenti di pinggir jalan atau saat lalu lintas aman, jika berada di tol maka cara minum yang terbaik adalah berhenti di bahu jalan sambil menyalakan lampu darurat.
7. Jika timbul rasa kantuk tiba-tiba, maka segeralah berhenti dan istirahatlah atau tidur di tempat yang aman semisal rest area atau pinggir jalan yang diyakini aman. Pengalaman saya bahwa kantuk akan hilang setelah saya tidur kurang lebih 1 (satu) jam atau disikapi dengan olahraga ringan seperti melemaskan otot-otot disertai minum kopi secukupnya.
8. Minum kopi juga diperbolehkan oleh dokter karena kafein berfungsi membuat pembuluh darah melebar sehingga tekanan darah meningkat. Oleh karena itu minum kopi bisa membantu dalam ritual perjalanan jarak jauh.
9. Yang penting juga bahwa mematuhi rambu lalu lintas termasuk batas kecepatan merupakan faktor keselamatan yang cukup penting. Jangan ngebut atau sengaja kebut-kebutan atau gampang terpancing emosi pengendara lainnya. Utamakan selamat dengan berprinsip bahwa tujuan utama adalah ingin selamat dan sampai di tempat tujuan, perkara terlambat sampai atau terlalu lama dalam perjalanan adalah bukan menjadi ukuran kita. Berpikirlah positif bahwa lama di jalan tapi enjoy atau menikmati perjalanan adalah yang terbaik daripada rasa deg-deg an gara-gara kebut-kebutan.
10. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah muatan atau barang bawaan. Usahakan tidak membahayakan diri kita sendiri.
11. Tak lupa juga gunakan sabuk pengaman, punya SIM, STNK.

Apa lagi ya? Monggo jika ada yang mau menambahi. Yang pasti ini sudah saya terapkan sejak saya SMA dulu karena sudah sering bepergian dari Solo ke Jakarta bawa Jimny 84 kesayangan. Puji Tuhan bahwa dengan selalu berdoa dan tetap berhati-hati akan menjadikan perjalanan kita tetap enjoy.