Results 1 to 10 of 10

Thread: Cara Menguras Radiator Mobil

  1. #1
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    141
    Rep Power
    2

    Cara Menguras Radiator Mobil



    Air radiator (water cooling system) mobil perlu diganti secara berkala. Tujuannya, selain menjaga korosi, kemampuan coolant mengikat panas akan menurun dalam jangka waktu tertentu.

    Umumnya, penggantian air radiator dilakukan setelah mobil menempuh setiap 40.000 km. Mengurasnya bisa dikerjakan sendiri. Namun, untuk mobil-mobil baru, pengerjaannya tidak segampang kendaraan produksi 1990-an. Kesulitannya karena lubang pembuangan tersembunyi dan harus menggunakan obeng plus.

    Ketika menggunakan water coolant, diimbau jangan berganti-ganti merek. "Sebaiknya, air radiator diganti dengan merek yang sama atau menggunakan produk orisinal dari produsen mobil," sebut Santoso Tri Handjono, Kepala Bengkel Nissan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Hal itu, lanjutnya, untuk menghindari reaksi kimia akibat perbedaan merek.

    Selain itu, material radiator pun perlu mendapat perhatian. Tembaga atau aluminium sangat menentukan jenis dari merek air radiator.

    Inilah langkah-langkah menguras air radiator;
    1. Bila mesin dalam keadaan dingin, panaskan sekitar 3-5 menit agar cooling system berputar. Dengan demikian, kotoran tidak mengendap di bagian bawah.
    2. Setelah itu, buka tutup radiator perlahan-lahan. Kemudian, lanjutkan dengan buka lubang pembuangan pada radiator.
    3. Bila ingin mengganti dengan merek lain, tutup lubang pembuangan dan isi radiator dengan air jernih seperti air murni (boleh air aki dalam botol biru).
    4. 4. Hidupkan mesin hingga thermostat terbuka. Cirinya, dapat terlihat pada air yang bersirkulasi di lubang tutup radiator.
    5. Matikan mesin dan diamkan sekitar 15 menut. Lalu, buka kembali lubang pembuangan pada radiator. Lakukan berulang kali langkah pengurasan sampai kondisi air terlihat bening.
    6. Kemudian, isi radiator dengan water coolant yang baru.
    7. Hidupkan kembali mesin sambil sedikit memainkan pedal gas hingga 2.000 rpm. Tujuannya, untuk meminimalkan celah udara yang terjebak dalam sistem.
    8. Jika air berkurang, tambahkan coolant pada radiator hingga penuh lalu tutup.
    9. Bila mobil telah dilengkapi dengan bleeding bolts, Anda hanya perlu membukanya 1/4 putaran dan biarkan mesin bekerja.
    10. Jika gelembung udara yang keluar telah berganti dengan semburan air, segera tutup dan matikan mesin. Berarti, proses penggantian telah selesai. http://metroaktual.com
    Last edited by titis_rz; 07-16-2012 at 01:04 PM.

  2. #2
    Sobat Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    26
    Rep Power
    2

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    mantab info nya, ayo yang mau mudik, cek kondisi radiator nya.

  3. #3

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    ciri-ciri radiator harus mulai di kuras apa aja yaa ? pake radiator flush buat kuras ngaruh gak yaa ?

  4. #4
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    41
    Rep Power
    2

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    katanya pake minuman bersoda bisa juga yah? bener gak ....

  5. #5
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    141
    Rep Power
    2

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    Sertahu saya minuman bersoda itu bersifat ASAM, apa nggak tambah karat...?

  6. #6
    Sobat Senior
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    695
    Rep Power
    6

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    lubang pembuangan punya taruna posisinya sebelah mana ya? perlu di coba nih..

  7. #7
    Sobat Senior nawantoro's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    Bekasi
    Posts
    208
    Rep Power
    4

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    Quote Originally Posted by titis_rz View Post
    4. Hidupkan mesin hingga thermostat terbuka. Cirinya, dapat terlihat pada air yang bersirkulasi di lubang tutup radiator.
    5.
    Matikan mesin dan diamkan sekitar 15 menut. Lalu, buka kembali lubang pembuangan pada radiator. Lakukan berulang kali langkah pengurasan sampai kondisi air terlihat bening.

    Untuk langkah yang ini saya lebih suka melepas hose-nya sekalian. Hose yang menghubungkan letak termostat dengan radiator (dari mesin ke radiator). Dengan melepas hose ini proses pengurasan akan bisa lebih sempurna.

  8. #8
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    tangerang
    Posts
    99
    Rep Power
    2

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    setuju jd posisi mesin dalam keadan hidup, posisi coolant yang ada didalam mesin bisa bersirkulasi dengan yang baru scara sempurna tanpa kita harus bolak-balik mematikan mesin mobil

  9. #9
    Sobat Muda yuddin's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    84
    Rep Power
    2

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    kalo mau dikuras jangan lupa tunggu dingin... tar muncrot crot croot

  10. #10
    Sobat Senior
    Join Date
    Apr 2013
    Posts
    241
    Rep Power
    2

    Re: Cara Menguras Radiator Mobil

    cara lain buang angin yg terjebak di dalam radiator, bisa juga dengan menaruh botol aqua yg di potong separuh di mulut lubang tutup radiator (mulut botol masuk ke dalam mulut tutup radiator)
    isi air radiator sampai tingginy skitar 5-10cm di dlm botol aqua..nyalakan mesin, lihat apakah ada gelembung2 air yg keluar..lakukan sampai kipas fan menyala..

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •