Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  1. #1
    Sobat Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    Persiapan Menjelang Ramadhan

    Untuk bisa meraih berbagai keistimewaan dan keutamaan yang ada di bulan Ramadhan, sangat penting untuk melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kedatangannya:
    Persiapan ma'nawiyah (spiritual)

    Persiapan ma'nawiyah bisa dilakukan dengan memperbanyak ibadah sebelum Ramadhan tiba, seperti memperbanyak puasa sunnah, membaca Al-Qur'an, berdoa, berdzikir dan lain-lain.
    Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam dalam mempersiapkan diri menghadapi datangnya bulan suci tersebut telah memberikan contoh kepada umatnya, diantaranya dengan memperbanyak puasa sunnah di bulan Sya'ban, sebagaimana diriwayatkan 'Aisyah ra dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim yang artinya:
    "Dan aku tidak melihat Rasulullah shollallahu 'alaihi wa sallam berpuasa di suatu bulan yang lebih banyak daripada puasanya di bulan Sya'ban."
    Bahkan 'Aisyah ra juga mengatakan dalam sebuah hadits:
    "Nabi shollallahu 'alaihi wa sallam tidak pernah berpuasa dalam suatu bulan yang lebih banyak daripada puasanya di bulan Sya'ban. Sesungguhnya beliau puasa (di bulan Sya'ban) satu bulan penuh."
    Persiapan fikriyah (akal)

    Persiapan fikriyah dapat dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, dan lebih khusus lagi ilmu yang terkait dengan puasa, agar memiliki wawasan yang benar tentang Ramadhan dan puasa Ramadhan, hingga nantinya ketika menjalani ibadah Ramadhan dapat melakukannya dengan optimal dan dapat meraih hasil yang maksimal.
    Persiapan jasadiyah (fisik) dan maliyah (materi)

    Persiapan jasadiyah dapat dilakukan dengan menjaga kesehatan, diantaranya dengan cara berolahraga, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, dan hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, sehat dan menyehatkan. Ini penting karena rangkaian ibadah yang telah terformat selama Ramadhan hanya akan bisa dilaksanakan dengan optimal oleh orang yang memiliki kesehatan prima. Adapun persiapan maliyah bisa dilakukan dengan menabung sebagian harta kita sebagai bekal berinfaq selama Ramadhan.

  2. #2
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,298
    Rep Power
    10

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    insyALLAH tante.....

  3. #3
    Sobat Senior
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    697
    Rep Power
    7

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    Nte rina...di babar juga dong sama hal hal yang membatalkan puasa. Ane kemarin dapat pencerahan juga dari seorang ustad..katanya hal yg bisa membatalkan puasa salah satunya masuknya sesuatu ke dalam tubuh kita melalui lubang yg ada pada diri kita ( lubang hidung...telinga etc ) contohnya ketika kita ngupil dan memasukan jari terlalu dalam..

  4. #4
    Sobat Newbie
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    10
    Rep Power
    0

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    Dalam sebuah hadits tentang kebersihan dari Aisyah misalnya, Nabi SAW bersabda:
    “Sepuluh macam dari fitrah kebiasaan Nabi SAW yang disunnatkan yaitu : memotong kumis, memelihara jenggot, siwak, menghirup air ke hidung, memotong kuku, membasuh lekuk telinga atau sela-sela kuku jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, cebok, dan berkumur.” (HR Muslim).
    Adapun hadits yang menyebutkan benda masuk ke lubang tubuh maka puasa menjadi batal adalah dhaif. Ada riwayat, “Sesungguhnya berbuka (batal puasa) adalah karena sesuatu yang masuk bukan karena sesuatu yang keluar.” (HR. Abu Ya’la) mungkin hadits inilah yang membuat orang menilai batal membersihkan dalamnya hidung (ngupil), telinga, dan buang angin di air (?).

    Syaikh al Albany mengatakan hadits tersebut dhaif, karena ada rawi (periwayat) yang bernama Salma dan dia majhul (tidak dikenal) dikalangan ahli hadits. Ada juga yang bernama Razin al Bakri, jika ia adalah Al Juhni maka ia kuat, jika bukan maka ia majhul. (Syaikh al Albany, Silsilah al Ahadits ad Dhaifah wal Maudhu’ah wa Atsaruha al Sayyi fil Ummah, hadits no. 961)
    ingin lebih jauh membahas dari sisi fiqihnya. Hingga kini, banyak ulama yang masih berbeda pendapat tentang masalah ini. Dari yang membolehkan mutlak, membolehkan bersyarat hingga melarang

    Masuknya suatu benda ke dalam tubuh seperti makanan, minuman, ataupun yg lainnya, atau masuk kejaringan otak seperti obat yg dimasukkan melalui hidung maka akan membatalkan puasanya.
    Dan juga akan membatalkan puasanya jika benda tersebut masuk melalui lubang-lubang yg terbuka seperti mulut, telinga, hidung, dubur dan lain-lain.
    Ditinjau dari sisi kesehatan, para pakar THT sepakat bahwa liang telinga adalah liang yang tidak perlu dibersihkan (korek-red) selamanya. Cairan atau getah yang disebut serumen dan kita anggap sebagai kotoran ini justru memiliki fungsi membersihkan.
    Beberapa bahaya akibat kebiasaan mengorek telinga diantaranya:


    1. Telinga mempunyai mekanisme sendiri untuk mengeluarkan serumen
      Serumen akan keluar bersama dengan epitel-epitel kulit liang telinga yang telah terkelupas. Gerakan serumen keluar ini dibantu oleh gerakan rahang ketika mengunyah. Hal ini berjalan secara normal sehingga dapat menjaga agar jumlah serumen di liang telinga kita dalam keadaan yang pas. Tidak terlalu banyak dan mengganggu pendengaran, dan juga tidak terlalu sedikit sehingga tetap mampu menangkal benda asing yang masuk.
    2. Mengkorek telinga menyebabkan liang telinga menjadi mudah dimasuki benda asing. Sesuai dengan fungsinya sebagai “barrier” terhadap benda asing. Bisa anda bayangkan bila “barrier” ini dihilangkah? Benda asing akan sangat mudah masuk. Dalam sebuah kasus, yaitu telinga mudah sekali kemasukan air saat berenang, dan setelah berhenti mengkorek telinga, hal itu tidak pernah terjadi lagi.

    3. Mengkorek telinga meningkatkan risiko infeksi telinga
    Mengkorek telinga, terutama dengan benda keras berpotensi untuk melukai liang telinga itu sendiri. Dan perlukaan ini dapat menjalar ke beberapa infeksi akut maupun kronis lainnya.

    4. Mengkorek telinga dapat menimbulkan sumbatan pada telinga
    Secara normal, serumen berada di 1/3 bagian luar telinga. Bila anda mengkorek telinga, ada kemungkinan serumen ini akan terdorong ke dalam dan sulit keluar lagi. Bila sudah demikian, timbulah sumbatan pada telinga yang harus dikeluarkan oleh dokter THT.
    Kalau memang produksi serumen berlebihan, cukup dibersihkan di bagian luarnya saja. Sebab, serumen memiliki mekanisme tersendiri dan dapat hilang dengan sendirinya dengan menguap ketika keluar dari lubang telinga.
    Mungkin ini pula hikmahnya, bahwa fitrah manusia yang diwariskan oleh Nabi sebatas membersihkan pada liku-liku daun telinga. Bukan dengan cara mengoreknya dengan menggunakan cotton bud.

    Pada dasarnya membersihkan hidung dan telinga sepanjang yang saya ketahui mubah asal dikerjakan dengan benar dengan tujuan untuk kebersihan tubuh dan tidak menimbulkan kesenangan atau kenikmatan dalam melakukan kegiatan tersebut.

    Masih bingung tentang boleh tidaknya ngupil dan mengorek telinga selama puasa?

    Wallahu 'alam.

  5. #5
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,298
    Rep Power
    10

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    kl saya niat ngupil untuk membersihkan hidung,, bukan untuk membatalkan puasa... biasanya sih gitu tante..
    insyAllah..

  6. #6
    Sobat Senior Anderson's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Tangerang
    Posts
    563
    Rep Power
    5

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    Quote Originally Posted by phampham View Post
    kl saya niat ngupil untuk membersihkan hidung,, bukan untuk membatalkan puasa... biasanya sih gitu tante..
    insyAllah..
    ente ngga ngupil aja udah batal pham..niatnya ke natrabu mulu sih..hehehe

  7. #7
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,298
    Rep Power
    10

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    Quote Originally Posted by Anderson View Post
    ente ngga ngupil aja udah batal pham..niatnya ke natrabu mulu sih..hehehe
    ahahahaha.... temenin yaaaa

  8. #8
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    141
    Rep Power
    3

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    Wah ternyata tante fetrina in ustadzah ya, bahkan ada kutipan perkatan syaikh Albany juga yg terkenal sbg ahli hadist. Pengetahuan masalah kesehatan juga mantabbb. Setuju tante, mumpung deket puasa and lebaran, lanjutkan dakwahnya...... mudah2an mendapat balasan Allah swt, Amien.....

  9. #9
    Sobat Senior
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    697
    Rep Power
    7

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    terima kasih nte atas informasinya...di babar juga donk untuk masalah lainnya..termasuk ( maaf agak BB ya) hukumnya senggama di siang hari..ane denger ( baru denger denger lho ya)..kalau "anunya" laki laki masuknya hanya sedikit/tidak sempurna maka yang batal puasa hanya pihak perempuannya saja..tapi kalau masuknya sempurna ( yg sempurna yang kayak apa ya? ) maka batal dua duanya...betul gak sih...?

  10. #10
    Sobat Senior Anderson's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Tangerang
    Posts
    563
    Rep Power
    5

    Re: Persiapan Menjelang Ramadhan

    Quote Originally Posted by phampham View Post
    ahahahaha.... temenin yaaaa
    hahahaha..yukk..kapan?

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •