Results 1 to 6 of 6
  1. #1
    Sobat Senior McLuvin's Avatar
    Join Date
    Sep 2012
    Location
    A bit Below Heaven...
    Posts
    389
    Rep Power
    7

    Benarkah Tombol Start/Stop Engine Bisa Nyetrum???

    Membaca salah satu surat kabar nasional beberapa minggu lalu, salah satu SUV beberapa kali sempat nyetrum. Bahkan, tak hanya pengemudi dan penumpang, petugas pintu tol pun kabarnya sempat merasakan setruman.

    Menurut pihak bengkel, sumber setruman tersebut dari tombol starter (Start/Stop Button). Padahal, dari begitu banyak mobil baru yang beredar, banyak juga yang sudah mengaplikasi tombol Start/Stop ini. Masa iya tombol ini berbahaya, salah di teknologi atau apa ya?
    "Rasanya, baru kali ini ada listrik kendaraan bisa menyetrum manusia. Walaupun mungkin saja, tapi sangat kasuitis sekali," ujar Taqwa Suryo Swasono, juragan bengkel Garden Speed di Cilandak, Jaksel.

    Maksudnya, misalkan saja memang ada perangkat kelistrikkan yang bocor. Pastinya, akan ada listrik yang tersebar di bagian kendaraan. Tapi, biasanya listrik ini tak akan langsung menyetrum. Mungkin saja jadi trigger untuk membuat listrik statis pada badan lebih besar. "Medan magnet masing-masing orang juga berbeda-beda, belum tentu semua orang akan merasakan setruman yang sama," papar Teddy Irawan, Vice President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), APM Nissan di Indonesia.

    Seperti telah diulas beberapa minggu lalu (baca: OTOMOTIF 22/XXII), listrik statis pada badan memang sangat bervariasi setiap manusia. Belum lagi, material alias bahan pembungkus jok yang sangat beragam.

    Nah, begitu gesekan antara bagian badan seperti punggung sering bergesekkan dengan jok, pastinya akan membuat listrik statis. Semakin sering bergerak, bisa jadi semakin besar listrik statis yang terkumpul.

    Belum lagi, kalau ada sumber listrik yang bocor di kendaraan, bisa saja membuat beberapa orang jadi lebih sensitif dengan arus listrik. Akibatnya, potensi merasakan setruman bakal lebih besar.

    Tapi balik lagi, bukan listrik yang bocor tersebut yang bikin tersetrum. "Tinggal cek ke bengkel saja kalau memang kurang yakin sama kelistrikkan mobil, ada alat untuk mengukur besaran listrik yang bocor kok," saran Taqwa.

    Saat merasa tersetrum, belum tentu juga harus saat kaki menginjak tanah. "Soalnya, kendaraan juga merupakan medan listrik. Terdapat ground dan arus listrik tersendiri," ulas tuner yang rajin terbang layang ini.

    Bisa saja karena medan magnet antara penumpang dan pengemudi yang tidak sinkron, akibatnya ketika siku atau bagian tangan berdekatan, pasti terasa sedikit setruman.

    Untuk mengurangi potensi listrik statis tersebut, bisa dengan menyentuh beberapa bagian yang terbuat dari logam seperti bodi, sesaat sebelum turun dari kendaraan.

    Tapi ingat, kalaupun masih terasa tersetrum, bukan berarti ada masalah pada kendaraan. Dan sangat tidak mungkin berasal dari tombol Start/Stop.

  2. #2
    Sobat Lovers phampham's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    bekasi
    Posts
    1,298
    Rep Power
    10

    Re: Benarkah Tombol Start/Stop Engine Bisa Nyetrum???

    harusnya sih kaga yahhh

  3. #3
    Sobat Senior
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    411
    Rep Power
    5

    Re: Benarkah Tombol Start/Stop Engine Bisa Nyetrum???

    Terapi Kejut kali....

  4. #4
    pinz89
    Guest

    Re: Benarkah Tombol Start/Stop Engine Bisa Nyetrum???

    aneh aneh, tapi ane belum pernah ngalamin sih

  5. #5
    Sobat Senior
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    580
    Rep Power
    5

    Re: Benarkah Tombol Start/Stop Engine Bisa Nyetrum???

    wah kalo bener bahaya tuh

  6. #6
    Sobat Senior
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    235
    Rep Power
    5

    Re: Benarkah Tombol Start/Stop Engine Bisa Nyetrum???

    kalau ane malah di motor soun ane..saban ujan gede kalau mau ngerem pk tangan tu handle rem nyetrum..ternyata ada kabel yg bocor,seharusnya sih sama pasti ada kabel yg bocor..

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •