Results 1 to 6 of 6

Thread: Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard

  1. #1
    Aktivis solusisahabat pinz89's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    Between Heaven and Hell
    Posts
    579
    Rep Power
    13

    Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard

    Jika menggunakan mobil, pasti sering melihat panel indikator yang terletak tepat di depan pengemudi. Saat mobil akan distarter akan terlihat bermacam gambar atau simbol di area dasbor Bisa dibilang setiap orang akan melihat saat hendak menghidupkan mesin. Tetapi tidak semuanya mengerti arti tanda yang ada di panel indikator itu. Padahal itu salah satu isyarat yang menunjukkan kondisi kendaraan.

    Makanya biar enggak salah pengertian berikut beberapa arti indikator yang sering ada di mobil kebanyakan.

    1 Indikator biasanya terdiri dari warna merah, hijau, dan kuning. Tanda merah, terkait dengan unsur safety, dan Anda harus melakukan pengecekan bila indikator dengan warna ini menyala. Jika dibiarkan bisa fatal akibatnya. Kuning, bila warna ini menyala sebaiknya waspada karena ada indikasi salah satu fungsi kendaraan terganggu (contoh indicator ABS bila berwarna kuning artinya ABS tidak berfungsi). Dan warna hijau, menandakan sebuah sistem atau fitur di kendaraan sedang difungsikan. Contoh lambang ECO atau transmisi untuk mobil matik.

    2 Lambang tetesan oli berwarna merah. Jika simbol ini menyala, sebaiknya segera lakukan pengecekan oli, karena lambang ini menginfokan bahwa isi pelumas mobil berada di bawah ambang batas.

    3 Lambang tanda seru dalam lingkaran. Simbol ini menujukan tanda rem tangan, pastikan lambang ini tidak menyala ketika mobil berjalan.

    4 Lambang plus dan minus di dalam kotak. Tanda ini menunjukan kondisi aki Anda. Bila tanda ini keluar disertai dengan susahnya menstarter mobil, patut curiga dengan kondisi aki yang mungkin saja sedang soak atau sistim kelistrikan terganggu.

    5 Lambang mobil dengan pintu terbuka berwarna merah, artinya Anda baiknya melakukan pengecekan pintu-pintu mobil anda yang tidak tertutup dengan rapat.

    6 Lambang seperti gambar kepala hidran, biasanya berwarna kuning. Indicator ini jika menyala, maka Anda wajib melakukan pengecekan seputar fungsi mesin secara umum, kemungkinan Anda permasalahan di seputaran mesin.

    7 Untuk mobil diesel terdapat logo seperti kotak merah dengan tetesan ke bawah (seperti oli) baiknya cek kondisi pelumas untuk transmisi mobil Anda.

    8 Tanda garis tegas merah (red line) pada rpm mobil, menandakan batasan kecepatan maksimal putaran mesin yang disarankan. Bila jarum rpm mencapai tanda ini segera melakukan perpindahan transmisi. untuk mobil lawas dengan sistem karburator, bila Anda terus menggeber kecepatan sedangkan jarum sudah mencapai red line, waspada karburator Anda akan jebol.

    9 Trip A dan trip B, tanda ini berguna untuk mengukur jumlah kilometer mobil. Untuk mobil yang memiliki tanda Trip A dan Trip B, anda dapat menekan tombol (satu tekanan) untuk memindahkan ke Trip A atau sebaliknya. Dan jika ingin me’nol’kan km, tekan tombol lebih lama, maka km akan menjadi nol.

  2. #2
    Aktivis solusisahabat pinz89's Avatar
    Join Date
    May 2012
    Location
    Between Heaven and Hell
    Posts
    579
    Rep Power
    13

    Re: Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard


    Rem Parkir
    Berwarna Merah, tak hanya menunjukkan kondisi rem parkir sedang aktif saja. Lampu ini juga menunjukkan kondisi minyak rem, kampas rem tipis serta sistem rem lainnya.

    Lambang Aki
    Juga berwarna merah, ini menunjukkan kondisi sistem pengisian serta aki dalam kondisi baik atau tidak.

    ABS
    Lampu ini juga berwarna orange, mengindikasikan kondisi dari sensor-sensor pada sistem ABS apakah berfungsi baik. Selain itu sistem lainnya yang berhubungan dengan ABS juga melalui indikator ini.

    Airbag
    Berwarna merah, gambar balon dengan orang di belakangnya. Ini menunjukkan sistem SRS Airbag berfungsi normal atau tidak.

    Filter Solar
    Lampu ini mirip dengan lambang bensin, hanya terdapat garis-garis putus di bawahnya. Menunjukkan kondisi filter solar harus dirawat atau diganti. Namun, terkadang lampu ini tak langsung menyala saat kunci kontak pada posisi ACC.

    Engine Check
    Lampu ini berwarna orange, berbentuk mesin. Lampu ini merupakan indikator berbagai hal yang berhubungan dengan mesin. Mulai kondisi ECU, sistem elektronik, serta sistem lainnya di mesin.

    Bagaimana Cara Membacanya?
    Yang paling penting adalah, ketika kunci kontak diputar pada ACC, maka seluruh indikator yang ada harus menyala. Ini penting, karena kerap terjadi akal-akalan, terutama buat yang membeli mobil bekas harus perhatikan ini.

    Menurutnya, ada yang menghubungkan lampu Airbag dengan oli. Agar tetap menyala, dihubungkan dengan input dari oli mesin, padahal sebenarnya ABSnya sudah rusak," tambahnya.

    Perlu diketahui, pada beberapa mobil lampu berwarna orange, seperti Engine Check dan ABS memang akan menyala sebentar saat kontak ACC dan akan mati kembali.

    Setelah mesin mobil hidup maka akan mati. Jika menyala, berarti ada ketidak beresan di sistem tersebut.
    Sebaiknya diperiksa menggunakan Engine Analyzer di bengkel resmi, akan ketahuan kondisi yang sebenarnya.

  3. #3
    Sobat Muda Daiko Brmanda Pt's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    64
    Rep Power
    2

    Re: Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard

    ada yang tau nda cara meng aktivkan indikator safetibelt dan indikator pintu pada all new xenia...?

  4. #4
    Super Moderator ekokurniady's Avatar
    Join Date
    Mar 2014
    Posts
    331
    Rep Power
    2

    Re: Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard

    Quote Originally Posted by Daiko Brmanda Pt View Post
    ada yang tau nda cara meng aktivkan indikator safetibelt dan indikator pintu pada all new xenia...?
    bukannya udah otomatis ya?
    kalo kita gak pake safebelt atau nutup pintunya kurang rapet pasti indikatornya idup.

  5. #5
    Sobat Muda
    Join Date
    Mar 2014
    Posts
    174
    Rep Power
    1

    Re: Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard

    sayangnya d thread ini gak d kasih gambar indikatornya satu2 d setiap penjelasannya.

  6. #6
    Sobat Muda
    Join Date
    Mar 2014
    Posts
    191
    Rep Power
    1

    Re: Macam2 Isyarat Lampu Indikator di Dashboard

    beh parah banget kalo mobil bekas untuk ngidupin lampu indikatornya d sambung2in ke lampu yg idup.

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 3 users browsing this thread. (0 members and 3 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •