Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 17

Thread: penyebab mesin overheat/panas....

  1. #1
    Sobat Muda Romm's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    87
    Rep Power
    3

    penyebab mesin overheat/panas....

    1. Mampet
    Radiator mampet yang disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Biasanya, kotoran tersebut 'nyempil' di kisi-kisi radiator mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna. Solusinya, servis radiator dan jika gejalanya sudah tergolong parah maka kisi-kisi harus diganti. Ada 2 cara pencegahan medsin panas, yaitu lakukan penggantian air radiator setiap 20.000 km dan gunakan carian anti karat.

    2. Air berkurang
    Nah, inilah pentingnya mengecek kondisi air sebelum bepergian. Jika volume air berkurang cukup banyak (sebotol Aqua 600 ml atau lebih) menandakan adanya kebocoran. Bisa berasal dari selang yang sudah getas, sambungan selang atau dari sil dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat adanya bekas karat disekitarnya yang mengering. Segera ganti tutup radiator, sementara untuk kebocoran dari selang dan sambungan lakukan perbaikan di bengkel resmi atau langganan Anda.

    3. Kipas lemah
    Biasanya hal ini terjadi akibat motor kipas yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga putarannya kurang kencang. Biasanya hal ini teridentifikasi ketika ngebut, temperatur naik, namun ketika pelan suhu cenderung aman. Bisa juga dari kipas tambahan (bagi yang menggunakan), untuk mencari tahu cukup dengan menyalakan AC. Jika ada kerusakan maka kipas tidak akan berputar atau temperatur lambat laun naik. Solusinya adalah mengganti motor kipas tersebut, atau jika sudah parah biasanya kipas juga ikut diganti karena biasanya mengalami kerusakan di porosnya.

    4. Oktan tidak sesuai
    Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai - biasanya lebih rendah - bisa mengakibatkan mobil knocking (ngelitik). Jika terus dibiarkan maka kecenderungannya mesin akan panas. Rasio kompresi dan setingan waktu pengapian (timing) - untuk mobil yang masih menggunakan distributor - harus sesuai dengan BBM.

    Penanggulangan Darurat
    Biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan terlihat peningkatan suhu. Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.

    Jika hal itu terjadi, segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman, pasang segitiga pengaman agak jauh dari mobil. Tunggu beberapa menit sampai suhu mesin turun, bisa dibantu dengan menyiram air di radiator jika mencukupi. Setelah dingin, cek kondisi air. Perhatian, ketika membuka tutup radiator, pergunakan juga kain tebal (jika tutup masih panas) dan putar secara perlahan. Jika ada tekanan air, tutup radiator ditekan sambil diputar perlahan. Jika sudah terbuka dan ternyata volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan jika temperatur sudah normal, bawa mobil ke bengkel terdekat.....

  2. #2
    Sobat Senior Anderson's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Location
    Tangerang
    Posts
    564
    Rep Power
    5

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    mantabbb nice info

  3. #3
    Sobat Newbie bangkit.bangkit's Avatar
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    21
    Rep Power
    0

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    wihhh baru tau oktan juga ngaruh, nice inpo ommm

  4. #4
    Sobat Muda Romm's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    87
    Rep Power
    3

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    Quote Originally Posted by bangkit.bangkit View Post
    wihhh baru tau oktan juga ngaruh, nice inpo ommm
    biasanya tuk kendaraan yg mempunyai kompresi 9,5:1 ke atas.... harus nenggak pertamax....kalo tuk zeby masih aman om buat nenggak premium....

  5. #5
    Sobat Senior
    Join Date
    Jun 2012
    Posts
    581
    Rep Power
    4

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    mantabbb infonya .... pernah ngalamin soalnya

  6. #6
    Sobat Muda
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    41
    Rep Power
    2

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    Quote Originally Posted by Romm View Post
    biasanya tuk kendaraan yg mempunyai kompresi 9,5:1 ke atas.... harus nenggak pertamax....kalo tuk zeby masih aman om buat nenggak premium....
    kalo dah papas kepala silinder gimana om?

  7. #7
    Sobat Newbie
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    2
    Rep Power
    0

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    normalnya volume air berkurang di radiator brapa ml air ya om?

  8. #8
    Sobat Muda Romm's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    87
    Rep Power
    3

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    Quote Originally Posted by ferryboy80 View Post
    kalo dah papas kepala silinder gimana om?
    mesti diukur dulu om berapa kompresinya...kalo nggak ekstrim2 amat msh bisa sih pake premium...

  9. #9
    Sobat Muda Romm's Avatar
    Join Date
    Apr 2012
    Posts
    87
    Rep Power
    3

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    Quote Originally Posted by serdna View Post
    normalnya volume air berkurang di radiator brapa ml air ya om?
    kalo normal & nggak ada kebocoran.... biasanya awet om.... sebulan paling banyak berkurang 100 ml.... kecuali sering jarak jauh tuh mobil...

  10. #10
    Sobat Newbie
    Join Date
    Jul 2012
    Posts
    17
    Rep Power
    0

    Re: penyebab mesin overheat/panas....

    infonya sangat berguna..

Thread Information

Users Browsing this Thread

There are currently 1 users browsing this thread. (0 members and 1 guests)

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •