PDA

View Full Version : Seputar Altenator......Penting dan selalu terlewatkan untuk di cek



firmanjak-0476
02-08-2012, 03:45 PM
Alternator termasuk salah satu komponen vital pada mobil karena berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Bisa dibayangkan bila pasokan tidak lancar, lama kelamaan kendaraan bisa tak jalan alias mogok lantaran aki soak. Menurut Atek, pemilik gerai alternator di Jalan Haji Nawi, Jakarta Selatan, alternator tidak ada perawatan khusus atau servis berkala. Usia pakainya dari kondisi baru bisa mencapai 5 tahunan. Setelah melewati masa tersebut kecenderungan kinerja alternator mulai berkurang dan berakibat pasokan listrik minim atau bahkan tidak sama sekali.
Usia pakai bisa saja lebih cepat diakibatkan beberapa faktor. “Penggunaan barang elektronik dengan beban listrik yang besar seperti modifikasi lampu, pemasangan audio dan monitor ,” ungkap Atek. Biasanya, lanjutnya, kapasitas pengisian bawaan pabrik hanya menyisakan antara 5 – 10 A sebagai cadangan. Ketika ada penambahan komponen melebihi batas maka alternator harus diganti dengan kapasitas yang sesuai atau dimodifikasi dengan mengganti gulungan atau memasang penguat. Jika tidak, maka kerja makin berat dan memakan usia lebih cepat.
Pemicu lain alternator soak, ketika melintasi banjir dengan ketinggian air tepat dengan posisi alternator (+/- 50 cm) sehingga bisa merusak ketika dalam kondisi aktif. Lain hal, menurut pengusaha yang memkulai karirnya sejak 2000 banjir diterjang alternator dalam kondisi tidak aktif karena kapasitas sudah penuh.
Tanda-tanda alternator mulai soak lampu indikator bergambar aki atau tulisan ‘CHG’ menyala. “Selain itu terdengar suara dari alternator akibat bearing yang sudah mulai aus. Jika tidak segera diganti, rotor dan stator akan bersentuhan, timbul panas, dan akhirnya bisa gosong,” ungkap Atek. Kalau sudah gosong otomatis tidak bisa digunakan lagi alias rusak total. Hanya rumah alternator saja yang bisa digunakan kembali.
Nah, guna mencegah banyaknya komponen yang diganti, ketika sudah melewati masa kerjanya atau muncul suara aneh, segera lakukan reproduksi. Maksudnya, beberapa komponen utama di dalamnya harus diganti baru, antara lain pengatur voltase dan penyearah arus (rectifire). Sementara gulungan, rotor dan stator masih bisa dipakai. Setelah diganti alternator bisa digunakan paling tidak 3 tahun dengan pemakaian normal. “Pastikan bengkel reproduksi memberikan jaminan paling tidak setahun,

phampham
02-08-2012, 03:56 PM
itu di mobil apa bah.. bisa ada tulisan CHG?

MasBBG
02-08-2012, 06:39 PM
CHG = Charger kale yak??? hehehehehe suruh ngecas tuh.... xixixixixi

Dahlan Odih Heryadi
02-08-2012, 09:56 PM
ane bantu sundul ya ...up..up...

suharta
03-08-2012, 09:02 AM
Kalau servis Alternator..jangan sampai digulung ulang..mending beli baru atau bekas yg masih bagus lilitannya.....

Anderson
03-08-2012, 09:04 AM
hati2 alternator dapat jebol karena pemakaian audio yang berlebihan

yusuf_ray
05-08-2012, 01:08 PM
SI Silvie pernah redup altenatornya pas banget di alam sutra xixixix.... alhasil ganti 1 glondong....

phampham
05-08-2012, 05:26 PM
SI Silvie pernah redup altenatornya pas banget di alam sutra xixixix.... alhasil ganti 1 glondong....

segelondong gitu brape um ray?

yusuf_ray
05-08-2012, 08:20 PM
1,2 apa 1,4 kalo ga salah, lupa Om.....

phampham
05-08-2012, 09:03 PM
bujuq... mahal ya.. pantesan ditawarin copotan ori 600rb.. berarti kl copotan 600rb worthed yah?

mr.yogi
06-08-2012, 12:56 AM
cara ngeceknya piye yo?
dulu si CSR tau2 KO alternatornya, pas lebaran hari H pula... ga ada bengkel, akhirnya kena 900 ribu... :hammer:

sekarang ane dah pake CX 2002 EFI, kabel massa udah ane tambah pula... cuma ya ada sedikit rasa takut sama IC alternator...

yusuf_ray
06-08-2012, 09:44 AM
Iyaa oryginal mahal emang sing jelas kwalitas tdk meragukan... Klo copotan yaaa segitulah Om.....

Anderson
06-08-2012, 12:28 PM
Iyaa oryginal mahal emang sing jelas kwalitas tdk meragukan... Klo copotan yaaa segitulah Om.....

yang ori kemarin firman beli 1.350rb tuh

yusuf_ray
06-08-2012, 12:30 PM
yang ori kemarin firman beli 1.350rb tuh
nah berarti dugaan daku ga salah 1,2 s/d 1,4 hehe maklum lupa dah lama gantina.........

Anderson
06-08-2012, 12:51 PM
nah berarti dugaan daku ga salah 1,2 s/d 1,4 hehe maklum lupa dah lama gantina.........

yup betul segitu mungkin klo yang di bawahnya bisa second atau limbahan singapore

yusuf_ray
06-08-2012, 10:23 PM
yup betul segitu mungkin klo yang di bawahnya bisa second atau limbahan singapore
bekasnya ane kiloin masa cuma 80rb ;):D

Anderson
07-08-2012, 09:24 AM
bekasnya ane kiloin masa cuma 80rb ;):D

wkwkwkwk bukannya di gulung lagi aja om di jual second dah

didik
07-08-2012, 10:25 AM
wkwkwkwk bukannya di gulung lagi aja om di jual second dah
iya kan masih bisa direkondisi ? malah kadang hasilnya awet lama

Anderson
07-08-2012, 10:48 AM
iya kan masih bisa direkondisi ? malah kadang hasilnya awet lama

biasa pake yang baru gitu om udah kebiasaan hehehe

didik
07-08-2012, 10:57 AM
biasa pake yang baru gitu om udah kebiasaan hehehe
ya kalo duit lagi cekak kan lumayan

Anderson
07-08-2012, 11:12 AM
ya kalo duit lagi cekak kan lumayan

betoooll om..

yusuf_ray
08-08-2012, 09:36 PM
betoooll om..
yg ngilu lagi pulkam di tengah2 utan... Alternator rusak nah loh.... hiiiii amit amit ya..........

didik
08-08-2012, 10:08 PM
yg ngilu lagi pulkam di tengah2 utan... Alternator rusak nah loh.... hiiiii amit amit ya..........
ga deh....amit-amit

wismanu
09-08-2012, 11:17 AM
Kalo nyalain lampu hazard, terus rpm-nya turun naik sesuai nyala hazard.... apa ya juga karena alternaornya ya om?

Anderson
09-08-2012, 03:20 PM
yg ngilu lagi pulkam di tengah2 utan... Alternator rusak nah loh.... hiiiii amit amit ya..........

kemping aja om nunggu subuh..hehehe
mang mau kemana ke hutan?

didik
09-08-2012, 03:30 PM
kemping aja om nunggu subuh..hehehe
mang mau kemana ke hutan?
berburu kaliiiii

Anderson
09-08-2012, 03:37 PM
berburu kaliiiii

klo om ray berburunya yang aneh2 om di S**

yusuf_ray
09-08-2012, 10:09 PM
Kalo nyalain lampu hazard, terus rpm-nya turun naik sesuai nyala hazard.... apa ya juga karena alternaornya ya om?
Ciri2 Alternator rusak pada saat itu Lampu redup rpm drop.. trus audio di hidupin mati lagi dengan sendirinya om..........

yusuf_ray
09-08-2012, 10:10 PM
kemping aja om nunggu subuh..hehehe
mang mau kemana ke hutan?
waduhhh klo tuh utan aman klo banyak Bajing loncat piye......

yusuf_ray
09-08-2012, 10:11 PM
klo om ray berburunya yang aneh2 om di S**
S Singlet atau S Sebatas bawah wkwkwkwkwk... *kabur ahhhhhhh

didik
09-08-2012, 11:12 PM
Ciri2 Alternator rusak pada saat itu Lampu redup rpm drop.. trus audio di hidupin mati lagi dengan sendirinya om..........
oooo..thx infonya om ray..jd nambah ilmu lagi

yusuf_ray
09-08-2012, 11:43 PM
oooo..thx infonya om ray..jd nambah ilmu lagi

ho'oh awal ane juga bingung ini audio koq mati sendiri, di idupin on mati lagi.. terus liat lampu di kilometer juga redup semua ga terng normal seperti biasanya....

didik
10-08-2012, 09:55 AM
ho'oh awal ane juga bingung ini audio koq mati sendiri, di idupin on mati lagi.. terus liat lampu di kilometer juga redup semua ga terng normal seperti biasanya....
kemarin pernah ngalamin lampu speedo agak redup trus kalo kecepatan rendah waktu jalan malam lampu utama agak redup sama audio mati hidup....dugaan awal wah altenatorku nih bermasalah ternyata cek dan cek ternyata van beltnya pada kendor....

Anderson
10-08-2012, 10:21 AM
waduhhh klo tuh utan aman klo banyak Bajing loncat piye......

loncatin lagi om ray wkwkwk

Anderson
10-08-2012, 10:21 AM
ho'oh awal ane juga bingung ini audio koq mati sendiri, di idupin on mati lagi.. terus liat lampu di kilometer juga redup semua ga terng normal seperti biasanya....

terus jangan lupa nelpon temen deh yang deket pas mogok..xixixixi

didik
10-08-2012, 10:35 AM
loncatin lagi om ray wkwkwk
pake jurus cimande ...ciiiaattt