PDA

View Full Version : Manfaat isi ban dengan nitrogen



prio 0874
07-26-2012, 10:42 PM
Mohon pencerahannya apa aja manfaat dari BAN yang diisi dengan NITROGEN

phampham
07-26-2012, 10:44 PM
tekanannya stabil om,,,, dan konon katanya terasa lebih empuk... hehe

prio 0874
07-26-2012, 10:55 PM
Wah terima kasih pencerahannya om Phampam. Salam kenal ya.

kukashimura
07-27-2012, 05:07 AM
Bbm irit karena ringan dan tekanan stabil saat jarak jauh alias tdk memuai karena panas

Indra 0777
07-27-2012, 03:56 PM
Pernah mau isi ban sama nitrogen.... Berhubung kata tukang isinya makan waktu lama, yaa.. ga jadi...!!!

prio 0874
07-27-2012, 05:22 PM
Rata-rata sekarang berapa duit ya untuk satu ban. Kalau terjangkau akan ngisi nitrogen, secara pemakaian lebih awet dan irit BBM

kukashimura
07-28-2012, 04:19 AM
Untuk isi ulang cukup 3500 per ban, ini tarip rest area ya om. Dan gratis kalo tekanan masih sama atau malah ngurangi aja. Intinya we pay what we get

Kalo isi pertama kali 10.000 per ban

ini informasi dari tukang tambal ban yang nyamar jadi member klub teruci wkwkwkwk

prio 0874
07-28-2012, 04:29 AM
siip. Thanks inpoh nya om....wah kudu isi dengan nitrogen neeeh klo begitu....

kukashimura
07-28-2012, 04:36 AM
Wajib om, segera isi ya om, ditunggu di rest area wkwkwk. . *siap-siap ke samsat

prio 0874
07-28-2012, 04:48 AM
siiiap om....meluncur....isi nitro.....Thanks om

herues
07-28-2012, 04:50 AM
Sejak pakai nitrogen, sudah 4 bulan ini blm tambah angin. Lumayan awet anginnya dan lebih terasa empuk. Kalo ban cadangan kenapa bisa berkurang angin nitrogennya ya? Padahal gak digunakan.

kukashimura
07-28-2012, 05:02 AM
Jangan lupa minta tutup pentil warna ijo ya om, tanda go green hahahaha. .

eko dwi setiyono
07-28-2012, 05:06 AM
"Sebenarnya angin nitrogen hampir sama dengan udara biasa di sekitar kita. Udara di sekitar kita kan terdiri dari 70% nitrogen, 20% oksigen dan 10% gas lain.

Pembentukan angin nitrogen murni setelah melalui proses penyaringan. Uap air dan oksigennya dihilangkan. Uap air yang ada pada angin biasa dapat menyebabkan pelapukan pelek.

"Oksigen bisa merusak anyaman baja di ban yang menyebabkan oksidasi, sehingga baja jadi karatan. Ini akan menimbulkan ban cepat benjol.

Nitrogen yang mempunyai sifat dingin, molekulnya lebih besar dari oksigen sehingga sulit untuk menembus pori-pori di ban. Ini membuat ban jadi tahan lama atau awet. Selain itu, "Jika pakai nitrogen, udara di dalam ban susah memuai alias lebih stabil.

Dari keterangan diatas, ternyata isi ban dengan nitrogen sangat bermanfaat. Dan satu lagi yang perlu diingat, "kalau ban sudah diisi nitrogen jangan dicampur dengan oksigen, akan hilang khasiat nitrogennya. Jadi kalau misalnya ban kita yang sudah terisi nitrogen kurang angin, usahakan tambah anginnya tetap pakai nitrogen".

Eko Ds (pakne Bagas) - T 0860
=======================

kukashimura
07-28-2012, 05:20 AM
Dan jangan suka pinjamkan mobil ke orang lain, alih-alih dengan alasan mau nambah angin, dibawalah ke tukang tambal ban sekedarnya

D140
07-28-2012, 11:58 AM
Ilustrasi ne gini Om....kalau dibalon diisi nitro kan melayang tuh..sampe isinya berkurang baru tuh balon lemes jd turun...

Naaah klo ban pake nitro kita asumsikan ajah tekanan keaspal/jalan sedikit ringan....dan satu lagi, ban dengan nitro kudu rajin dicek,diisi tekanan,volume nitro nya....krn memang ada berkurangnya

* penjelasan dari DAI Sunter waktu disodorin nitro :o

prio 0874
07-28-2012, 09:01 PM
Siip, siap untuk segera isi dengan NITRO

ndang268
07-29-2012, 03:20 AM
beberapa SPBU, udah ada fasilitas utk penggantian atau nambahin nitrogen..
Harganya lupa euy.. maap yak :p

Salam, nDang T-0098

prio 0874
07-29-2012, 07:19 AM
biasanya di shell ada om, di beberapa mall spt Giant dan carrefour juga ada om

prio 0874
07-29-2012, 07:20 AM
Hanya saja selama ini belum ngeh dengan manfaatnya yang dahsyat

kukashimura
07-30-2012, 05:22 AM
Harga ada di pejwan om, saya tiap bulan cek di rest area jadi apal dgn tarifnya. .

kukashimura
07-30-2012, 05:23 AM
Harga ada di pejwan om, saya tiap bulan cek di rest area setelah balik dari jakarta menuju serang

jadi apal dgn tarifnya. .

prio 0874
08-03-2012, 10:20 PM
kalau di tempat lain murah mana om di bandingin dengan di rest area

didik
08-04-2012, 11:53 AM
Pernah mau isi ban sama nitrogen.... Berhubung kata tukang isinya makan waktu lama, yaa.. ga jadi...!!!
idem...terutama melibas lobang lebih bisa meredam..empuk

kukashimura
08-06-2012, 01:02 AM
kalau di tempat lain murah mana om di bandingin dengan di rest area

Kayaknya tarif isi baru dan nambah nitrogen hampir sama, di luaran nambah berkisar 3000 - 5000 bahkan ada yg gratis selamanya kalau pernah ganti ban di tokonya

Arif Sakerah
08-06-2012, 11:10 AM
tapi hati2... di sini kebanyakan sudah dioplos sama udara biasa.
Untuk cek keasliannya, catat tekanan saat isi nitrogen. Lalu setelah dipergunakan/dipakai jalan, silahkan diukur lagi tekanannya.
Nitrogen yg asli, tekanannya tidak akan berubah. Yg sudah ada campurannya pasti akan naik tekanannya.
Silahkan dicoba. Kalo udah nemu yg asli, silahkan dipakai langganan. :)

D140
08-06-2012, 04:30 PM
Di SPBU setiap isi min 150rb isi nitro dari null cuma 5rb/ban lho...:rolleyes:

kukashimura
08-16-2012, 10:28 AM
tapi hati2... di sini kebanyakan sudah dioplos sama udara biasa.
Untuk cek keasliannya, catat tekanan saat isi nitrogen. Lalu setelah dipergunakan/dipakai jalan, silahkan diukur lagi tekanannya.
Nitrogen yg asli, tekanannya tidak akan berubah. Yg sudah ada campurannya pasti akan naik tekanannya.
Silahkan dicoba. Kalo udah nemu yg asli, silahkan dipakai langganan. :)

om Arif, gimana deteksi fisik alatnya? Soalnya tekanan saya selalu berkurang 1-2 psi setiap bulannya, makanya saya sering cek atau terutama mau jalan jauh pasti cek ban dulu dan rem.

Thanks for the info

Arif Sakerah
08-16-2012, 11:10 AM
Kalo berkurang setiap bulan antara 1-2PSI itu wajar om.
Yg saya maksud nih, misal om baru isi 35 PSI.
Lalu dipakai jalan jauh nih. Nah, setelah sampai tujuan, coba om cek lagi tekanan ban nya.
Apabila tekanannya masih di 35 PSI, berarti nitrogennya asli tuh om alias murni. Gak pakai dioplos.
Tapi kalo sampai tekanannya naik diatas 35 PSI, hmmmmm kemungkinan udah dioplos.
Kan Nitrogen stabil tekanannya. Beda sama angin biasa yg memuai kalo kena panas akibat jalan jauh.

D140
08-16-2012, 08:25 PM
Kalo berkurang setiap bulan antara 1-2PSI itu wajar om.
Yg saya maksud nih, misal om baru isi 35 PSI.
Lalu dipakai jalan jauh nih. Nah, setelah sampai tujuan, coba om cek lagi tekanan ban nya.
Apabila tekanannya masih di 35 PSI, berarti nitrogennya asli tuh om alias murni. Gak pakai dioplos.
Tapi kalo sampai tekanannya naik diatas 35 PSI, hmmmmm kemungkinan udah dioplos.
Kan Nitrogen stabil tekanannya. Beda sama angin biasa yg memuai kalo kena panas akibat jalan jauh.

Alatnya gmn Om?
kudu ke tukang nitro lg dunk??

D140
08-16-2012, 08:26 PM
Kayaknya tarif isi baru dan nambah nitrogen hampir sama, di luaran nambah berkisar 3000 - 5000 (tel:3000 - 5000) bahkan ada yg gratis selamanya kalau pernah ganti ban di tokonya

Nah ada harga ada kualitas Um....klo 3000 kyknya campur deeh, kcuali syarat pembelian tertentu or fasilitas dealer...

didik
08-17-2012, 03:48 AM
Nah ada harga ada kualitas Um....klo 3000 kyknya campur deeh, kcuali syarat pembelian tertentu or fasilitas dealer...
yuuuppppssss.....ono rego ono rupo pepatah jawa