PDA

View Full Version : >>Pengalaman BBN & MUTASI serta Biaya-nya d Posting disini ya !!!<<



MasBBG
07-26-2012, 11:10 AM
Teman-teman punya pengalaman ngurus Balik Nama Kendaraan atau Mutasi antar daerah dapat di share di mari kale ajah berguna buat rekan yg lain :

Saya coba share pengalaman ngurus BBN dari bekasi-bekasi (non Mutasi) 1 bulan lalu sbb:

A. Proses BBN STNK di Samsat setempat (bekasi).

Dateng ke samsat bekasi pas jam 8, pintu gerbang sdh dibuka lsg menuju area Cek Fisik, parkir di area Cek Fisik lsg ke loket Cek Fisik sambil menyerahkan FC STNK, BPKB, KTP, nanti dikasih 2 lembar kertas kasik ke petugas lapangan dan kasih tips terserah (5000 atau 10000)
Langsung menuju loket Pengesahan cek fisik (tadi) serahkan FC STNK, BPKB, KTP & hasil Cek Fisik, di suruh tunggu 35menit
Sambil menunggu kita lsg ke loket pengambilan formulir Balik Nama dan isi data-data mobil kita
d. Begitu dipanggil, kita dapat berkas yg tadi dimasukan dan dapat tambahan selembar kertas yg sdh di tandatangani plus CAP (bukti Cek Fisik) dan di mintai uang 20ribu (hari sabtu 30rb :-D )
Bawa berkas tsb ke tempat fotocopy nanti di satukan dgn Formulir yg telah di isi bilang saja untuk BALIK NAMA biar berkas di rapihin (stepless). >>>PENTING!! Fotocopy Kuitansi Pembelian, KTP kita dan PENGESAHAN Lembar Cek fisik tadi untuk proses ke POLDA<<<<
Berkas & formulir tsb bawa ke loket Pendaftaran BBN I, bila penuh nunggu di panggil, siapkan BPKB Asli (hanya di perlihatkan). Berkas akan di periksa kelengkapannya oleh petugas. Biasanya akan di minta kembali esok hari untuk lanjut proses pembayaran dan cetak STNK dan diberi tanda Terima berkas. sampai di sini petugas minta 30ribu (standart berlaku untuk semua). Jika mau satu hari kelar silahkan bayar 80-100ribu
45 Menit kemudian di panggil dan kita mendapatkan seluruh berkas dan struk pembayaran pajak yg harus dibayar ke loket bank
Serahkan berkas dan struk pembayaran beserta uang yg diminta oleh teller bank. PENTING!!! Cek nama dan alamat yg baru di ketik takut ada kesalahan!!!
Tunggu di loket STNK baru dan jam 10.20 STNK atas nama saya selesai (ingat CEK LAGI nama & alamat hrs sesuai KTP kita sebelum pergi!!!!)
Langsung menuju loket PLAT NOMER (TNKB) serahkan STNK yg baru didapat tunggu 10menit TNKB lsg jadi Free pungli (ada juga yg ngasih tip 5rb-10rb :-) )


Biaya yg di keluarkan :
Cek Fisik 20.000 + 10.000 (tip petugas gesek)
Proses BBN-StNK 100.000.- (one day service) ; 30ribu (two day service)
Foto Copy 5000-

BIAYA DLM STNK
BBN = Lagi GRATIS
PKB milik ke 1 1.75 = 1.155.000.-
SWDKLLJ = 131.400.-
STNK = 75.000.-
TNKB = 50.000.-
Total = 1.411.000.-

2. Proses Pencatatan Buku BPKB di POLDA JAKARTA (KOMDAK)

Persyaratan yg harus di bawa :
a. FC STNK (baru)
b. FC KTP Pemilik baru,
c. FC Kuitansi Pembelian,
d. FC Pengesahan Hasil Cek Fisik,
e. BPKB ASLI
f. Surat kuasa bagi yg di wakilkan
g. Jika FAKTUR di streples di BPKB sebaik-nya di copot dan simpan, nanti HILANG
(saya gak liat tukang Fotocopy, jd mending dari rumah sudah siap)



Langsung menuju meja recepsionisnya nanti dicek berkas kita sambil di rapihin dan di kasih Formulir.
Bawa berkas yg sudah rapi, jangan lsg isi formulir tapi langsung ambil NOMOR ANTRIAN saya dapat nomo 1107 hehehehe tapi pas dateng udah nomor 900an
Langsung menuju Loket Bank BRI untuk bayar BPKB Baru Rp. 100rb (80rb u/ motor) nanti di kasih barcode pembayaran, tempel di bawah FORMULIR
Sambil menunggu panggilan nomor, isi formulir yg di kasih sama recepsionis cantik tadi (LOKET 4,5,6,7 & 8)
menunggu 1 jam lebih sedikit nomor urut saya dipanggil, berkas diterima dan dikasih bukti pengambilan 2 Minggu kemudian


Biaya-biaya :
Pembelian buku BPKB baru 100ribu
Pungli or tip : tidak ada

3. Proses pengambilan BPKB baru di POLDA
Yang harus di bawa : Fotocopy KTP, STNK, Bukti Pengambilan BPKB & Surat Kuasa bila anda di wakilkan
1. Datang ke loket pengambila, serah semua berkas dan tunggu dipanggil (gak pake nomor)
2. Gak sampe 5 menit dah dipanggil, dikasih BPKB baru dan disuruh nulis tanda terima. selesai

Kesimpulan :
Ngurus sendiri ternyata tidak rumit (apalagi jika di POLDA), cukup murah hanya perlu bolak-balik, jadi
bila ada waktu senggang kenapa tidak di coba sendiri.... salam
maaf bila ada yg salah dengan tulisan ini :-)

herues
07-26-2012, 12:13 PM
Nais inpoh. Berguna bgt. Sy mau balik nama bulan november nanti. Thanks On.

TopX Pi
07-26-2012, 12:22 PM
berarti ga pakai KTP pemilik lama lagi ya om?...

fetrina
07-26-2012, 12:38 PM
klo sy BBN bulan kmrn dr jaksel ke depok, syarat ttp hrs pake ktp pmilik lama n kuitansi pembelian....
pungli gak ada sepeserpun
cek fisik jg gratis cm byr tip 10.000 k tukang geseknya...
bea balik nama STNK 75.000 SEHARI JADI
Semua di proses di TMC Polda metro jaya...

fetrina
07-26-2012, 12:41 PM
sy ngurus sndiri dr pagi jam 8 kelar smua urusan jam 3 sore, smua proses dilakukan seharian...
stelah itu baru ke samsat depok.. prosesnya jg cpt n BBN gratis.. yg agak lama itu urus BPKB baru, itu memakan waktu 2 hari...
intinya sama dgn om bambang urus sendiri itu lebih gampang n terjamin

TopX Pi
07-26-2012, 12:51 PM
KTP Pemilik lama dipakai waktu proses apa Nte?...

fetrina
07-26-2012, 01:52 PM
gak tau om..... persyaratannya sprti itu di TMC... untuk balik nama katanya..

MasBBG
07-26-2012, 03:29 PM
Gak Pake Oom, kalo balik nama silahkan langsung pake ktp sendiri

MasBBG
07-26-2012, 03:31 PM
klo sy BBN bulan kmrn dr jaksel ke depok, syarat ttp hrs pake ktp pmilik lama n kuitansi pembelian....
pungli gak ada sepeserpun
cek fisik jg gratis cm byr tip 10.000 k tukang geseknya...
bea balik nama STNK 75.000 SEHARI JADI
Semua di proses di TMC Polda metro jaya...

Bekasi emang slalu lebih mahal kalo urusan tarif hehehehehe

MasBBG
07-26-2012, 03:34 PM
KTP Pemilik lama dipakai waktu proses apa Nte?...

Mungkin karena tante Fetrina, pake acara mutasi kale oom... jadi perlu ktp yg lama hehehehe iya gak iya ya.....

rimanto
07-26-2012, 07:18 PM
Ternyata Urus sendiri lebih nyaman dari pake calo
Pengalaman Pribadi Loh

Anderson
07-27-2012, 09:28 AM
tahun depan udah mesti pindah alamat nih taruna ane..skrg kan pake E KTP

MasBBG
07-27-2012, 09:58 AM
Ternyata Urus sendiri lebih nyaman dari pake calo
Pengalaman Pribadi Loh

bener om... setujuh banget...:D

MasBBG
07-27-2012, 10:02 AM
tahun depan udah mesti pindah alamat nih taruna ane..skrg kan pake E KTP

pada waktu terima e-KTP di periksa gak om alamatnya... jangan-jangan pindah neh ke jonggol hehehehehe
neh temen ada yg baru mutasi jakarta - tangerang, ngurus sendiri biayanya gak sampe 500ribu oom.. diluar pajak ya...!!! nanti aku minta di detailin prosesnya nanti ane posting di mare...

Anderson
07-27-2012, 10:15 AM
pada waktu terima e-KTP di periksa gak om alamatnya... jangan-jangan pindah neh ke jonggol hehehehehe
neh temen ada yg baru mutasi jakarta - tangerang, ngurus sendiri biayanya gak sampe 500ribu oom.. diluar pajak ya...!!! nanti aku minta di detailin prosesnya nanti ane posting di mare...

wah mantaabb thks om
Alamat e-KTP saya di tangerang om sesuai alamat rumah, klo taruna ane masih pake alamat rumah ortu yang di bekasi..

Anderson
07-27-2012, 10:16 AM
sorry dopost

ARY-DTC.JAK.0468
07-27-2012, 04:59 PM
berhubung dg kesibukan pekerjaan maka saya minta tolong kenalan di Birojasa Ramayana karawaci untuk mutasi dari bekasi kota ke cisauk-kab tangerang,proses +/- 2 minggu sdh beres BPKB baru dg biaya +/- Rp. 3,4 jt an,

fetrinaJAK0454
07-27-2012, 05:45 PM
Wuisssssss om rimanto....muahal bgt.... itu skalian byr pjk ya,

mtb
07-27-2012, 07:44 PM
klo sy BBN bulan kmrn dr jaksel ke depok, syarat ttp hrs pake ktp pmilik lama n kuitansi pembelian....
pungli gak ada sepeserpun
cek fisik jg gratis cm byr tip 10.000 k tukang geseknya...
bea balik nama STNK 75.000 SEHARI JADI
Semua di proses di TMC Polda metro jaya...

pengalaman di samsat depok rada kurang beres tuch..berkas yg seharusnya kita bawa ke polda metro kagak dikasih ama dia..kita terima satu bundel berkas yg katanya segera dibawa ke polda metro,ternyata di polda metro setelah dicek msh ada yg kurang dan kekurangannya ada di sasat depok..hadeuhhh jadi bolak balik krn satu berkas ajah..

fetrinaJAK0454
07-27-2012, 07:48 PM
Hehehe alhamdulillah sy tdk ada mslh om dgn samsat depok..pelayanan cpt n memuaskan tnpa mngeluarkan uang sepeserpun.....hanya fotocopy brkas 10.000

MasBBG
07-27-2012, 08:51 PM
pengalaman di samsat depok rada kurang beres tuch..berkas yg seharusnya kita bawa ke polda metro kagak dikasih ama dia..kita terima satu bundel berkas yg katanya segera dibawa ke polda metro,ternyata di polda metro setelah dicek msh ada yg kurang dan kekurangannya ada di sasat depok..hadeuhhh jadi bolak balik krn satu berkas ajah..

untuk itu om kita sharing disini, supaya gak di dzalimi sama mereka, awalnya saya juga takut ngurus sendiri tapi ternyata gak sulit2 amat yg penting kita tau prosedur dan syarat2 wajibnya.. termasuk tip-nya om hehehehehe

MasBBG
07-27-2012, 08:53 PM
Hehehe alhamdulillah sy tdk ada mslh om dgn samsat depok..pelayanan cpt n memuaskan tnpa mngeluarkan uang sepeserpun.....hanya fotocopy brkas 10.000

mantab tuh... temen2 bisa minta tolong neh xixixixixixixi

fetrinaJAK0454
07-27-2012, 10:59 PM
Hehehehe..... wani piro,,,

MasBBG
08-01-2012, 09:51 AM
Hehehehe..... wani piro,,,

apalagi pas ngurusnya perutnya gendut ya tan... jadi kasihan tuh hehehehehehehe

fetrinaJAK0454
08-01-2012, 12:33 PM
apalagi pas ngurusnya perutnya gendut ya tan... jadi kasihan tuh hehehehehehehe

hahahahah bisa aja.... iya kale ya...

Anderson
08-01-2012, 12:41 PM
apalagi pas ngurusnya perutnya gendut ya tan... jadi kasihan tuh hehehehehehehe


hahahahah bisa aja.... iya kale ya...

duh siapa aja yang perutnya ndutt

didik
08-01-2012, 03:47 PM
kalo ada waktu sih enak diurus sendiri, biayanya bedanya lumayan banget, bisa buat beli susu anak 1 bulan

MasBBG
08-02-2012, 04:50 AM
kalo ada waktu sih enak diurus sendiri, biayanya bedanya lumayan banget, bisa buat beli susu anak 1 bulan

bener Oom, lagian gak sulit-sulit amat kok hehehehe

Anderson
08-02-2012, 10:46 AM
kalo ada waktu sih enak diurus sendiri, biayanya bedanya lumayan banget, bisa buat beli susu anak 1 bulan


bener Oom, lagian gak sulit-sulit amat kok hehehehe


betul lebih baik emang urus sendiri

MasBBG
08-02-2012, 10:51 AM
betul lebih baik emang urus sendiri

oom Anderson jadi ngurus mutasi gak neh??? ke tangerang ya??

Anderson
08-02-2012, 12:36 PM
oom Anderson jadi ngurus mutasi gak neh??? ke tangerang ya??

betul om ke tangerang tapi nanti aja bulan maret di tahun depan hehe

MasBBG
08-02-2012, 01:35 PM
betul om ke tangerang tapi nanti aja bulan maret di tahun depan hehe

jaaaahhhahahaha.. lama beud dah... keburu laku kale tuh mobil

Anderson
08-02-2012, 01:36 PM
jaaaahhhahahaha.. lama beud dah... keburu laku kale tuh mobil

xixixixi jangan kenceng2 napa...

didik
08-02-2012, 01:38 PM
betul lebih baik emang urus sendiri
yang jelas ikut program pemerintah untuk memberangus percaloan, dah capek sama yang namanya calo
toh waktunya ga beda jauh kalo kita urus sendiri sama lewat calo

MasBBG
08-02-2012, 01:39 PM
yang jelas ikut program pemerintah untuk memberangus percaloan, dah capek sama yang namanya calo
toh waktunya ga beda jauh kalo kita urus sendiri sama lewat calo

yg lewat jasa calo yg bener2 gak ada waktu dan banyak uang om hehehehe

didik
08-02-2012, 01:41 PM
yg lewat jasa calo yg bener2 gak ada waktu dan banyak uang om hehehehe
ngabisin uang recehan... hehehehe

fetrinaJAK0454
08-04-2012, 09:01 AM
yang jelas ikut program pemerintah untuk memberangus percaloan, dah capek sama yang namanya calo
toh waktunya ga beda jauh kalo kita urus sendiri sama lewat calo

Kdg calo sangat dibutuhkan tuk org yg super sibuk n g mau ribet......

didik
08-04-2012, 10:52 AM
Kdg calo sangat dibutuhkan tuk org yg super sibuk n g mau ribet......
akuuurrrrr

MasBBG
08-04-2012, 03:23 PM
akuuurrrrr

hoaaaammmmmm...

fetrinaJAK0454
08-06-2012, 01:39 PM
hoaaaammmmmm...

ngntuk om?????

MasBBG
08-06-2012, 09:04 PM
ngntuk om?????

hehehehehe.. abis forumnya mulai sepi....

yusuf_ray
08-06-2012, 10:48 PM
yukkkk ngopi ngopi biar ga ngantuk .........

Anderson
08-07-2012, 09:19 AM
yukkkk ngopi ngopi biar ga ngantuk .........

sarapan yuk sekalian ngopi

fetrinaJAK0454
08-07-2012, 12:27 PM
yukkkk ngopi ngopi biar ga ngantuk .........

puasaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Anderson
08-07-2012, 12:34 PM
puasaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

om ray dah seminggu ngga puasa tan

MasBBG
08-07-2012, 06:45 PM
om ray dah seminggu ngga puasa tan

bujug.. oom ray lagi dapet yak????

MasBBG
09-14-2013, 09:00 AM
Mungkin karena tante Fetrina, pake acara mutasi kale oom... jadi perlu ktp yg lama hehehehe iya gak iya ya.....

sundul ahhh

Odod
09-14-2013, 11:15 AM
Hahaha ikut bantu sundul aja sob.
Sekalian nebeng iklan http://forum.solusisahabat.com/showthread.php?2890-Mobil-Murah-Ditolak-di-Jakarta-DPR-Minta-Pemerintah-Pusat-Tak-Egois&p=16860#post16860