PDA

View Full Version : Mobil Jarang Jalan, Kapan Ganti Oli?



Haryanto Haidar
07-25-2012, 08:39 AM
http://www.kiosban.com/wp-content/uploads/2013/02/ganti-oli.jpg

Pertanyaan seperti ini muncul dari seorang pengendara yang memiliki mobil lumayan banyak. Karena punya lebih dari satu, maka ada mobil yang benar-benar jarang beroperasi. Lebih sering nongkrong di garasi ketimbang diajak keliling-keliling dari satu tempat ke tempat lain. Praktis, angka di tripmeter mobil tidak cepat bertambah. Lalu, adakah efek buruk jika penggantian oli cuma bersandar pada indikator jarak tempuh?

Apabila mobil tidak dihidupkan dalam waktu lama atau jarang dipakai, sebaiknya penggantian oli juga memperhatikan masalah waktu. Berapa pun angka di KM, jika oli mesin sudah lebih dari 3 bulan lebih baik ganti dengan yang baru. Kecuali, ada keterangan khusus baik dari pabrikan mobil maupun pabrikan oli.

Penggantian oli secara berkala ini perlu dilakukan agar kualitas maupun kuantitasnya tetap maksimal. Kondisi oli yang prima sangat dibutuhkan agar tugas pelumasan komponen-komponen mesin dapat berjalan dengan baik.

Terlepas dari masalah jarak tempuh maupun waktu pakai, ada ciri-ciri yang bisa kita kenali untuk mengetahui kualitas oli. Karena, bisa saja jarak tempuh masih pendek dan waktu pakai belum sampai 3 bulan tapi oli sudah masuk kategori rusak. Contoh, jika tercampur air setelah terkena banjir misalnya.

Ciri ciri oli yang sudah buruk diantaranya adalah warna yang sudah kehitam-hitaman (keruh). Jika dioleskan di ujung-ujung jari akan terasa kasar. Rasa kasar adalah tanda bahwa oli sudah banyak mengandung serbuk metal, maupun kotoran.

Pada beberapa kasus, oli mesin juga bisa berwarna coklat kental mirip susu coklat. Ini terjadi jika oli mesin tersebut telah bercampur air. Air ini bisa berasal dari mesin itu sendiri, akibat adanya kebocoran pendinginan. Bisa juga air ini berasal dari luar, seperti jika kendaraan terendam air atau memasuki genangan air. (Source : AstraWorld)

nawantoro
07-25-2012, 09:20 AM
Ciri ciri oli yang sudah buruk diantaranya adalah warna yang sudah kehitam-hitaman (keruh). Jika dioleskan di ujung-ujung jari akan terasa kasar. Rasa kasar adalah tanda bahwa oli sudah banyak mengandung serbuk metal, maupun kotoran.


tidak selalu warna oli yang kehitam-hitaman menunjukkan oli yg sudah buruk. warna kehitaman bisa terjadi justru karena fungsi deterjen oli itu sendiri. tapi memang, ketika warna kehitaman terjadi tidak lama setelah ganti oli dan apalagi klo ada serbuk metal, maka hampir dapat dipastikan ada masalah di bagian yang dilumasi. bisa juga berarti oli tersebut gagal menjalankan fungsinya untuk melumasi, misalkan karena tingkat kekentalannya tidak sesuai (angka SAE terlalu tinggi), daya lumasnya kurang baik (tidak dapat menjangkau celah sempit), atau memang oli tersebut cepat jenuh (misal karena tidak tahan panas).

nawantoro
07-25-2012, 09:22 AM
silakan juga mampir ke sini: http://solusisahabat.com/forum/showthread.php?477-Memahami-spesifikasi-oli-mesin

phampham
07-25-2012, 05:49 PM
mobil saya cm satu... biar pas.. hehe

ian januardi
07-25-2012, 08:17 PM
mobil saya cm satu... biar pas.. hehe

satu yang terdaftar yah om...wkwkwkwk..yang lain sirih...

yono
07-26-2012, 10:10 AM
mobil ane jarang jalan,kalau ganti oli bisa 6 bulan sekali apakah bahaya buat mesin ya,soalnya di lihat dr pemakaian kilometer msh jauh bgt dr batas kilo yg di anjurkan utk ganti oli..

nawantoro
07-26-2012, 05:08 PM
selama rutin dipanaskan sehingga komponen di dalamnya selalu terlumasi dengan baik maka tidak masalah...

MasBBG
07-27-2012, 11:29 AM
mobil ane juga jarang di pake, tapi paling lama 3 bulanan dah ganti olie om.. bawaannya gatel ajah pengen nongkrong di bengkel hehehehehe

nawantoro
07-27-2012, 01:55 PM
mobil kalo jarang dipake jadi manja...
makanya sering dielus-elus om... :)

phampham
07-28-2012, 09:09 PM
satu yang terdaftar yah om...wkwkwkwk..yang lain sirih...

ahahahaha.. bissa ajeh si agan

tirta jaya
07-29-2012, 09:13 PM
Mening begitu dah....pemeliharaan lebih baik daripada memperbaiki..sedikit saran gan..jangan mobilnya aja yang ganti olie yeh,yang punya juga kudu ganti olie juga..(pemeliharaan gan....heheheheehe)

Chris_boo
07-31-2012, 01:57 PM
Pertanyaan seperti ini muncul dari seorang pengendara yang memiliki mobil lumayan banyak. Karena punya lebih dari satu, maka ada mobil yang benar-benar jarang beroperasi. Lebih sering nongkrong di garasi ketimbang diajak keliling-keliling dari satu tempat ke tempat lain. Praktis, angka di tripmeter mobil tidak cepat bertambah. Lalu, adakah efek buruk jika penggantian oli cuma bersandar pada indikator jarak tempuh?

Apabila mobil tidak dihidupkan dalam waktu lama atau jarang dipakai, sebaiknya penggantian oli juga memperhatikan masalah waktu. Berapa pun angka di KM, jika oli mesin sudah lebih dari 3 bulan lebih baik ganti dengan yang baru. Kecuali, ada keterangan khusus baik dari pabrikan mobil maupun pabrikan oli.

Penggantian oli secara berkala ini perlu dilakukan agar kualitas maupun kuantitasnya tetap maksimal. Kondisi oli yang prima sangat dibutuhkan agar tugas pelumasan komponen-komponen mesin dapat berjalan dengan baik.

Terlepas dari masalah jarak tempuh maupun waktu pakai, ada ciri-ciri yang bisa kita kenali untuk mengetahui kualitas oli. Karena, bisa saja jarak tempuh masih pendek dan waktu pakai belum sampai 3 bulan tapi oli sudah masuk kategori rusak. Contoh, jika tercampur air setelah terkena banjir misalnya.

Ciri ciri oli yang sudah buruk diantaranya adalah warna yang sudah kehitam-hitaman (keruh). Jika dioleskan di ujung-ujung jari akan terasa kasar. Rasa kasar adalah tanda bahwa oli sudah banyak mengandung serbuk metal, maupun kotoran.

Pada beberapa kasus, oli mesin juga bisa berwarna coklat kental mirip susu coklat. Ini terjadi jika oli mesin tersebut telah bercampur air. Air ini bisa berasal dari mesin itu sendiri, akibat adanya kebocoran pendinginan. Bisa juga air ini berasal dari luar, seperti jika kendaraan terendam air atau memasuki genangan air. (Source : AstraWorld)

Waaah.. Pas bener thread ini dengan keadaan mobil ane sekarang.. Bukan karena punya banyak mobil yee :p tapi karena lebih sering pake R2 klo kerja dan aktivitas mobile yang lain.. Kecuali klo lagi pergi dengan istri dan anak, itu juga lihat-lihat situasi dan kondisi yang ada..

Thanks untuk thread nya... masukan neeh..

arse
08-01-2012, 01:15 PM
yang diperhatiin cuma olie aja ya? gimana dengan aki? apa musti dicopot aja?

didik
08-01-2012, 03:27 PM
kalo ga salah kalo copot accu itu untuk mobil injection akan merestart ECU, tolong di koreksi kalo salah

bagoes
08-03-2012, 02:45 PM
boil simpanan nich

Ari Rofian
08-04-2012, 08:55 PM
Saya jarang juga dipakai...bahkan bisa 2 bulan baru diajak jalan2...tapi tiap pagi dipanasin om...,kira2 ga apa2 kali yah...(Masih perlu ga ganti oli 3 bulan sekali)

ian januardi
08-05-2012, 10:13 AM
Saya jarang juga dipakai...bahkan bisa 2 bulan baru diajak jalan2...tapi tiap pagi dipanasin om...,kira2 ga apa2 kali yah...(Masih perlu ga ganti oli 3 bulan sekali)


Waaah.. Pas bener thread ini dengan keadaan mobil ane sekarang.. Bukan karena punya banyak mobil yee :p tapi karena lebih sering pake R2 klo kerja dan aktivitas mobile yang lain.. Kecuali klo lagi pergi dengan istri dan anak, itu juga lihat-lihat situasi dan kondisi yang ada..

Thanks untuk thread nya... masukan neeh..


mobil ane jarang jalan,kalau ganti oli bisa 6 bulan sekali apakah bahaya buat mesin ya,soalnya di lihat dr pemakaian kilometer msh jauh bgt dr batas kilo yg di anjurkan utk ganti oli..


mobil ane juga jarang di pake, tapi paling lama 3 bulanan dah ganti olie om.. bawaannya gatel ajah pengen nongkrong di bengkel hehehehehe

Kalo saya boleh saran mobil yg sesuai testimoni bgiji mending dijual aja....buat apa ada mobil tapi nga dipake?.....pengalaman saya :1. Kena pajak progreasive..bgi yg memiliki mobil pakai satu nama (kecuali anda beli mobil second),2. Nga ada untungnya nyimpen mobil...krna bukan salah satu inveatasi yg baik (mobil dari baru pun km rendah,dijual tdk akan pernah menyamai harga pada waktu anda beli).,3. Nah klo ceritanya hobby ngumpulin mobil...justru krna hoby harusnya mobil sering dipake bukan didiemin.(alasannya krna kerja?..berarti anda blm mampu melayakan hobi dgn optimal )....4. Silahkan renungkan sendiri apa yg sudah menjadi statement anda anda...hehehe....klo saya saat ini mending disimpen sepedah aja......

ekosuharyanto
08-06-2012, 12:50 PM
Kalo emang ga dipake lama (1 bulanan) perlu lepas kabel accu ga ya oom...... abis kalo terpasang terus kadang abis tuh stroomnya....

Otty
06-16-2013, 02:57 PM
mobil ane jarang jalan,kalau ganti oli bisa 6 bulan sekali apakah bahaya buat mesin ya,soalnya di lihat dr pemakaian kilometer msh jauh bgt dr batas kilo yg di anjurkan utk ganti oli..

Mungkin bisa dibuat pertimbangan:
Bahwa tugas oli selain melumasi juga membersihkan diantaranya.
Bahwa pencemar oli yang kadang lepas dari sorotan adalah oksidasi akibat gas yang terjebak di ruang oli saat mesin selesai dipakai.
Jadi sebaiknya (saran ) daripada mesin hanya di panasi (gak ada manfaatnya ) meskipun tiap hari. Sebaiknya seminggu sekali atau paling lambat 2 minggu sekali mobil dipakai jalan keluar. 1. selain pelumasan lebih baik, juga pengisian battery bisa terjadi dan kondisi ruang bakar lebih terjaga daripada hanya di panasi dengan stationer.
Makin sering dipanasi ditempat, maka usia oli mesin menjadi lebih pendek ; itu[un juga tergantung dari kondisi pembakarannya juga. Ruang bakar yang kotor akibat pembakaran tidak sempurna, juga akan memperpendek usia oli.
Semoga bermanfaat

anonymous
07-31-2013, 02:34 PM
kalo ga salah kalo copot accu itu untuk mobil injection akan merestart ECU, tolong di koreksi kalo salah

biasany gak ada efekny sob..
data yg tersimpan di dlm ECU yah pasti bgitu2 aja..
Error code yg muncul ataupun pernah di reset oleh scanner, tetap akan tersimpan di ecu tersebut, kecuali di permanent delete error code ny..

mungkin yg di maksud mereset disini, CEL ngePING.. jika error ny hanya cuma masalah simpel ( misal waktu pasang aki soket airflow sensor lupa di colok ) biasany CEL akan nyala..nah ini bisa di reset dengan cara mencabut negatif accu, lalu pasang kembali soket airflow ny, tunggu skitar 5-10menit baru pasang kembali negatif accu ny..biasanya CEL akan mati dengan sendirinya..