PDA

View Full Version : penyebab mesin overheat/panas....



Romm
06-08-2012, 12:48 PM
1. Mampet
Radiator mampet yang disebabkan oleh karat akibat kadar air bereaksi dengan blok mesin. Biasanya, kotoran tersebut 'nyempil' di kisi-kisi radiator mengakibatkan sirkulasi air menjadi tidak sempurna. Solusinya, servis radiator dan jika gejalanya sudah tergolong parah maka kisi-kisi harus diganti. Ada 2 cara pencegahan medsin panas, yaitu lakukan penggantian air radiator setiap 20.000 km dan gunakan carian anti karat.

2. Air berkurang
Nah, inilah pentingnya mengecek kondisi air sebelum bepergian. Jika volume air berkurang cukup banyak (sebotol Aqua 600 ml atau lebih) menandakan adanya kebocoran. Bisa berasal dari selang yang sudah getas, sambungan selang atau dari sil dan pegas tutup radiator yang sudah tidak berfungsi baik. Kebocoran dari tutup radiator biasanya terlihat adanya bekas karat disekitarnya yang mengering. Segera ganti tutup radiator, sementara untuk kebocoran dari selang dan sambungan lakukan perbaikan di bengkel resmi atau langganan Anda.

3. Kipas lemah
Biasanya hal ini terjadi akibat motor kipas yang sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga putarannya kurang kencang. Biasanya hal ini teridentifikasi ketika ngebut, temperatur naik, namun ketika pelan suhu cenderung aman. Bisa juga dari kipas tambahan (bagi yang menggunakan), untuk mencari tahu cukup dengan menyalakan AC. Jika ada kerusakan maka kipas tidak akan berputar atau temperatur lambat laun naik. Solusinya adalah mengganti motor kipas tersebut, atau jika sudah parah biasanya kipas juga ikut diganti karena biasanya mengalami kerusakan di porosnya.

4. Oktan tidak sesuai
Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang tidak sesuai - biasanya lebih rendah - bisa mengakibatkan mobil knocking (ngelitik). Jika terus dibiarkan maka kecenderungannya mesin akan panas. Rasio kompresi dan setingan waktu pengapian (timing) - untuk mobil yang masih menggunakan distributor - harus sesuai dengan BBM.

Penanggulangan Darurat
Biasanya diawali dengan munculnya ngelitik yang berlebih pada mesin. Bagi yang menggunakan indikator jarum biasanya akan terlihat peningkatan suhu. Sementara yang memakai gambar, mesin akan langsung mati ketika overheat.

Jika hal itu terjadi, segera pinggirkan mobil ke tempat yang aman, pasang segitiga pengaman agak jauh dari mobil. Tunggu beberapa menit sampai suhu mesin turun, bisa dibantu dengan menyiram air di radiator jika mencukupi. Setelah dingin, cek kondisi air. Perhatian, ketika membuka tutup radiator, pergunakan juga kain tebal (jika tutup masih panas) dan putar secara perlahan. Jika ada tekanan air, tutup radiator ditekan sambil diputar perlahan. Jika sudah terbuka dan ternyata volume air masih penuh, tutup kembali radiator dan jika temperatur sudah normal, bawa mobil ke bengkel terdekat.....

Anderson
06-08-2012, 01:00 PM
mantabbb nice info

bangkit.bangkit
06-08-2012, 10:32 PM
wihhh baru tau oktan juga ngaruh, nice inpo ommm

Romm
07-08-2012, 11:16 AM
wihhh baru tau oktan juga ngaruh, nice inpo ommm
biasanya tuk kendaraan yg mempunyai kompresi 9,5:1 ke atas.... harus nenggak pertamax....kalo tuk zeby masih aman om buat nenggak premium....:)

didik
07-08-2012, 11:21 AM
mantabbb infonya .... pernah ngalamin soalnya

ferryboy80
09-08-2012, 09:05 AM
biasanya tuk kendaraan yg mempunyai kompresi 9,5:1 ke atas.... harus nenggak pertamax....kalo tuk zeby masih aman om buat nenggak premium....:)

kalo dah papas kepala silinder gimana om?

serdna
09-08-2012, 12:59 PM
normalnya volume air berkurang di radiator brapa ml air ya om?

Romm
13-08-2012, 08:53 AM
kalo dah papas kepala silinder gimana om?
mesti diukur dulu om berapa kompresinya...kalo nggak ekstrim2 amat msh bisa sih pake premium...

Romm
13-08-2012, 08:56 AM
normalnya volume air berkurang di radiator brapa ml air ya om?
kalo normal & nggak ada kebocoran.... biasanya awet om.... sebulan paling banyak berkurang 100 ml.... kecuali sering jarak jauh tuh mobil...

santo
26-08-2012, 06:06 AM
infonya sangat berguna..

Romm
02-09-2012, 02:05 PM
infonya sangat berguna..
makasih eyang suhu master lurah karawang..:)

Achsan Agung Tuah
15-09-2012, 10:27 PM
satu lagi om fungsi water regulator kalo sudah tidak bisa membuka maka cooling system tidak bisa melewati radiator jadi ini juga salah satu yg menyebabkan engine overheating ..... salam kenal

Alex_ZEC
17-09-2012, 07:12 PM
biasanya tuk kendaraan yg mempunyai kompresi 9,5:1 ke atas.... harus nenggak pertamax....kalo tuk zeby masih aman om buat nenggak premium....:)

kompresi Zebra berapa ya om Romms ?

Daiko Brmanda Pt
17-09-2012, 10:55 PM
pada all new xenia nda ada pengukur suhu mesin cuma ada indikator lampu saza
kalo mau pasang pengukur panas tambahan bisa nda yiia???
soalnya kl mengandalkan indikator lampu agak kurang detail bagie ane yg nubitol ~_~

Romm
21-09-2012, 10:41 AM
satu lagi om fungsi water regulator kalo sudah tidak bisa membuka maka cooling system tidak bisa melewati radiator jadi ini juga salah satu yg menyebabkan engine overheating ..... salam kenal
water regulator tuh apa om ? .....mungkin maksudnya thermostat kali yah om... bisa juga om.... salam kenal kembali...

Romm
21-09-2012, 10:43 AM
kompresi Zebra berapa ya om Romms ?
tuk kompresi zeby msh di 9:1.... msh aman kok om buat nenggak premium... hehehe

Romm
21-09-2012, 10:45 AM
pada all new xenia nda ada pengukur suhu mesin cuma ada indikator lampu saza
kalo mau pasang pengukur panas tambahan bisa nda yiia???
soalnya kl mengandalkan indikator lampu agak kurang detail bagie ane yg nubitol ~_~
bisa ajah om ... pake ajah yg aftermarket... bisa yg berbentuk ampere meter.. kalo yg agak bagusan dah digital juga ada om..